Sholat Tahajud adalah salah satu sholat sunah yang diteladankan  oleh Nabi Muhammad SAW yang dilakukan pada 1/3 malam atau sekitar pukul 03.00 pagi.

Rasulullah SAW tidak pernah meninggalkan sholat Tahajud. Kita sebagai umat muslim disunahkan untuk melakukan sholat Tahajud yang diteladankan oleh Rasulullah SAW tersebut sebagai upaya mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Setelah dilakukan penelitian oleh para ahli kesehatan, ternyata sholat Tahajud mempunyai banyak manfaat yang berpengaruh untuk kesehatan tubuh manusia.

Oleh karena itu ayo kita biasakan diri melakukan sholat Tahajud pada 1/3 malam, selain untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, kita dapat mengambil manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita.

Apa manfaat sholat Tahajud untuk kesehatan?.

Manfaat sholat Tahajud untuk kesehatan tubuh diantaranya,

1. Mengontrol Emosi

Manfaat sholat Tahajud berikutnya adalah untuk mengontrol emosi. Kortisol yang tidak menurun dapat meningkatkan depresi yang berlebihan. Maka dianjurkan untuk sholat Tahajud. Karena waktu inilah kortisol akan menurun sehingga seseorang menjadi lebih tenang. Ketenangan tersebut tidak akan membuat seseorang mudah stres dan tidak tertekan dengan segala permasalahan yang dapat mengganggu kesehatan.

2. Mengatasi Diabetes

Menurut beberapa penelitian disebutkan bahwa sholat Tahajud menyebabkan kandungan kortisol dalam tubuh menjadi rendah. Kortisol memiliki manfaat untuk meningkatkan kandungan gula darah dengan cara meningkatkan metabolisme karbohidrat. Jika kortisol ini bertambah maka kandungan gula darah dalam tubuh pun akan naik.

3. Mencegah Pembengkakan Jantung dan Gagal Ginjal

Manfaat sholat Tahajud bagi kesehatan berikutnya adalah mencegah pembengkakan jantung dan gagal ginjal. Sholat Tahajud lebih disukai bagi yang menderita pembengkakan jantung dan gagal ginjal. Seperti diabetes, sholat Tahajud dapat mengurangi kortisol. Ketika kortisol ini berkurang, maka tidak akan terjadi pembengkakan jantung, dan pembuangan urin pun akan semakin mudah.

4. Kemoterapi Kanker Tanpa Efek Samping

Manfaat sholat Tahajud selanjutnya adalah sebagai kemoterapi kanker yang tidak memiliki efek samping. Menderita kanker tentu saja hal yang tidak diharapkan oleh semua orang. Tetapi, bagi yang menderita penyakit kanker harus menjalani pengobatan-pengobatan. Nah, manfaat sholat Tahajud salah satunya adalah sebagai kemoterapi penyakit kanker

5. Mencegah Penyakit Hipertensi dan Hipotensi

Manfaat sholat Tahajud juga penting bagi otak manusia. Pada waktu sepertiga malam otak manusia akan melepaskan serotonin, beta endorsin, dan melatonin. Lepasnya ketiga zat tersebut akan membuat seseorang merasa lebih tenang sampai homeostasis bangunan.

Namun, jika homeostasis terganggu, orang tersebut akan mudah mengalami pusing dan dapat mengakibatkan hipertensi, hipotensi, tekanan darah rendah.

Untuk itu, Sholat Tahajud dapat dijalani dengan kondisi senyaman mungkin. Tidak hanya itu saja, keseimbangan tubuh juga akan lebih terbangun dan membuat peluang hipertensi maupun hipotensi menurun.

6. Terhindar dari Infeksi Pernapasan

Manfaat sholat Tahajud bagi kesehatan berikutnya adalah terhindar dari infeksi pernapasan. Sholat Tahajud baik untuk pernapasan. Karena sholat Tahajud menjadi terapi yang sangat baik untuk menyembuhkan dan mencegah infeksi pernapasan.

7. Melancarkan Aliran Darah

Manfaat sholat Tahajud bagi kesehatan selanjutnya adalah melancarkan aliran darah dalam tubuh. Seperti diketahui bahwa sholat Tahajud dilakukan pada 1/3 malam yaitu sekitar pukul 3 pagi. Pada waktu tersebut, udara belum tercemar yang dapat menyehatkan paru-paru, peredaran darah, serta menyehatkan tubuh. Selain itu, mengerjakan sholat Tahajud sama saja dengan senam di pagi hari. Saat itu seluruh otot tubuh bergerak sehingga aliran darah menjadi lebih lancar.

(Ima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *