Magetan-Portalangit. Siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Mubarokah (MAKAH) Lamongan berkolaborasi dengan siswa SDN Bulukerto 2 dalam pembuatan kerajinan hasil daur ulang sampah.

Kegiatan tersebut dikemas dalam kegiatan edukasi dan pembuatan pot tanaman berbahan dasar sampah plastik (galon).

Pembuatan kerajinan diikuti oleh 57 siswa-siswi kelas 1-6 dan 8 guru SDN Bulukerto 2. Kegiatan diadakan di halaman SDN Bulukerto 2, Jl. Bromo no. 20, Kelurahan Bulukerto, RT 03 RW 01, Kecamatan Magetan, Kab. Magetan, Jawa Timur, pada Sabtu, 18 Mei 2024.

Kolaborasi 5 siswi MAKAH ini didampingi langsung oleh Nurul Huda guru SDN bulukerto 2 sekaligus Ketua Koordinasi Yayasan SPMAA Magetan.

Selain itu, materi edukasi mengenai pemilahan sampah organik dan anorganik disampaikan oleh Nurul Huda.

“Tujuan dari edukasi ini agar siswa lebih mengenal jenis sampah, peduli terhadap sampah dan bisa memanfaatkan sampah.”tutur Nurul Huda.

“Selain itu, agar siswa bisa berkreasi dalam mengelola sampah untuk menunjang program kegiatan sekolah P5 yang mengambil tema lingkungan.”tambahnya.

Setelah penyampaian materi para siswa mengikuti game untuk meningkatkan kefokusan para siswa.

Selanjutnya, untuk praktik pembuatan pot tanaman para siswa menyiapkan peralatan dan bahan-bahannya seperti; cat, galon bekas , gunting, cutter, kuas, plastik, dan lain-lain.

Para siswa SDN Bulukerto dengan kompak berkolaborasi bersama siswa MAKAH dengan didampingi oleh Nurul Huda.

Nampak siswa dengan antusias dan semangat mewarnai galon tersebut dan disulap menjadi pot tanaman yang tampak menarik.

“Harapan adanya kegiatan ini agar siswa dan guru semakin peduli dengan lingkungan khususnya bisa memilah sampah dan selanjutnya bisa mendaur ulang sampah dengan berbagai kreasi yang bermanfaat dan bernilai.”tutur Nurul Huda.

“selanjutnya kami akan membuat bank sampah disekolah, membuat kantin sehat, dan membuat tempat sampah yang terpilah.”tutup Nurul Huda.

(Ima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *