Musim pancaroba telah tiba. Wabah penyakit mulai melanda di Indonesia utamanya, menyebabkan kekhawatiran bagi semua orang. Sebenarnya kita tidak perlu khawatir berlebihan, karena semua itu dapat kita atasi dengan menjaga pola hidup sehat bersama keluarga, ataupun orang disekitar.

Pola hidup sehat yang dijalani secara konsisten dapat membantu menangkal wabah penyakit yang akan menyerang kekebalan tubuh. Tidak ada kata terlambat untuk memulai pola hidup sehat.

Mari menerapkan beberapa kebiasaan pola hidup sehat ala santri bersama keluarga dan orang sekitar, diantaranya:

  1. Mengonsumsi makanan halal dan bergizi dalam porsi seimbang.

Asupan makanan halal dan bergizi dalam porsi seimbang sangat penting bagi kesehatan, dengan memperhatikan kehalalan makanan dan kandungan gizi pada makanan tersebut. Setiap hari tubuh kita membutuhkan karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, dan serat.

Namun kita harus pandai mengotrol makanan yang masuk kedalam tubuh, dengan cara  makan tidak terlalu kenyang dan berlebihan.

Oleh sebab itu, untuk mengontrol makanan yang masuk kedalam tubuh, kita dapat lakukan dengan berpuasa. kegiatan berpuasa ini secara tidak langsung mengatur pola makan kita dengan konsisten, mulai dari sahur hingga berbuka puasa.

  • Mengelola stres dan selalu berpikir positif.

Pikiran sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh. Pikiran yang tidak terkelola dengan baik mengakibatkan stres. Stres berkepanjangan sangat rentan menurunkan daya tahan tubuh, sehingga membuat kita mudah terserang penyakit.

Oleh sebab itu, kita harus pandai mengelola stres dan selalu berpikir positif. Kita harus menjauhi atau mengatasi penyebab stres yang dialami, agar pikiran dan hati merasa tenang.

  • Minum air putih minimal 2 liter sehari.

Selain makanan bergizi, asupan air yang cukup juga penting untuk mendukung metabolism tubuh dan menjaga daya tahan tubuh. Kita mengonsumsi air mineral minimal 2 liter sehari, agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari risiko dehidrasi serta penyakit lainnya.

Saat kita berpuasa kita dapat mengatur ukuran mengonsumsi air mineral dengan cara, mengonsumsi air mineral sebanyak 1 liter saat sahur, dan 1 liter saat berbuka puasa.

  • Istirahat cukup dan tidur teratur.

Jangan mengabaikan waktu istirahat. Istirahat cukup dan tidur teratur sanagt penting dalam pola hidup sehat. Ketika tidur, tubuh melakukan proses regenerasi sel dan memberikan jeda pada organ untuk beristirahat.

Namun kita sebagai umat beragama islam, kita mempunyai jam tidur yang teratur sesuai yang diajarkan oleh Rasulullah SAW, dengan tidur secukupnya, dan bangun untuk melakukan sholat Tahajud diwaktu sepertiga malam setelah sholat isya hingga sebelum waktu Subuh.

  • Rajin berolahraga.

Rutinitas berolahraga juga baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Banyak kegiatan olahraga yang dapat kila lakukan dirumah bersama keluarga. Olahraga tersebut diantaranya, jogging, senam, bersepeda, dll.

Perlu  kita ketahui bahwasanya gerakan ibadah sholat yang kita lakukan setiap waktu, selain berupa ibadah bagi umat beragama islam, didalam gerakannya mengandung unsur gerak yang menjadikan kita sehat jasmani dan rohani. 

  • Selalu berdo’a.

Ketenangan spiritual juga penting untuk mendukung kualitas kesehatan tubuh. Maka sebaiknya jadikan diri kita senantiasa untuk berdo’a. hati yang tenang akan menjadikan kita merasa lebih nyaman ketika beraktivitas.

  • Menghentikan berbagai kebiasaan buruk.

Beberapa kebiasan buruk yang harus kita hindari demi memaksimalkan pola hidup sehat ala santri ini diantaranya,

  • Mengonsumsi alkohol, rokok, dan junk food.
  • Begadang.
  • Gaya hidup minim gerak (sedentari).
  • Malas menjaga kebersihan.
  • Makan berdiri dan menggunakan tangan kiri.

(Ima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *