Konon pada tahun 1212SM hidup seorang raja yang bergelar Firaun.Raja legendaris yang namanya “harum” hingga saat ini.Di kisahkan raja ini begitu sangat luar biasa dalam berbagai hal.Baik itu kekuasaan, kekayaan, kesehatan juga kebengisan dan kekejamannyapun tidak perlu di ragukan.

Bukti dari kekejaman dan kebengisannya ia buktikan dengan keputusannya untuk membunuh semua bayi laki-laki dari Bani Israil.Semuanya tanpa terkecuali.Tersisa bayi Musa yang di hanyutkan ibunya di sungai Nil.

Kekuasaan Firaun yang sekan –akan mutlak tak terbantahkan mengantarkan dirinya sendiri hingga mengaku sebagi Tuhan yang patut dan harus di sembah.Mengingkari ketuhanan Firaun akan berujung pada kematian.Kekayaannya pun jangan lagi di pertanyakan.Hingga memerintahkan seorang arsiteknya yang bernama Haman ,Untuk membangun gedung yang tinggi,yang sampai ke pintu-pintu langit.Agar Firaun bisa melihat Tuhannya Musa.Luar biasa bukan?. Dan pantas…Rupanya firaun memang punya banyak modal untuk sombong..

Tak ketinggalan dengan sang Aristek yang bernama Haman.Pada zaman segitu, ribuan tahun yang lalu sudah mampu membangun gedung pencakar langit.Untuk memenuhi kesombongan firaun ada Haman yang memiliki kemampuan hebat dalam merancang dan mendesign.Entah..Lulusan mana si Haman ini.Namun harus kita akui bahwa kemumpuniannya patut di jadikan modal sombong dalam hidupnya.

Pun juga dengan sang konglomerat yang disinyalir hidup di zaman yang sama denga Firaun.Ya konglomerat itu bernama Qorun sepupu Nabi Musa.Harta bendanya melimpah ruah, tersimpan dalam ratusan bangunan gudang yang konon kunci-kunci gudangnya harus di angkut oleh 40 orang yang kuat-kuat.Bahkan dikisahkan ke 40 orang tersebutpun menggotong kunci-kunci gudang Qorun dengan terseok-seok karena saking beratnya.Luar Biasa..

Walau akhirnya semua hartanya itu habis di telan bumi oleh bencana gempa dan longsor.Hingga habis tidak ada yang tersisa.Tapi rasanya kekayaan Qorun saat itu pantas untuk di jadikan modal kesombongannya dalam menantang Tuhan.Hingga mengagap semua hartanya adalah murn dari kepandaian nya dalam berbisnis.Tidak ada campur tangan Tuhan yang mengantarkannya jadi seorang konglomerat.

Dulur….Memang Firaun, Haman dan Qoruns bukan contoh yang baik.Tapi sangat baik untuk kita ambil contoh agar kita tidak mengikuti jejak kesombongan mereka.Apalgi kita memang tidak punya modal sombong sperti mereka….

Bismillah….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *