Magetan-Portalangit. Relawan SANTANA SPMAA Magetan diminta menjadi fasilitator dalam kegiatan sosialisasi dan simulasi mitigasi bencana gempa bumi dalam meningkatkan kesiapsiagaan para siswa SDN BuluKerto  Magetan.

Sosialisasi ini di fasilitatori oleh Nurul Huda relawan SANTANA SPMAA Magetan sekaligus Ketua Koordinasi Yayasan SPMAA cabang Magetan.

Simulasi dilakukan pada Jum’at, 26 April 2024. Bertempat di SDN BuluKerto 2 Jl. Bromo nomor 20,Kelurahan Bulukerto, RT 03/ RW 01, Kecamatan Magetan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Dengan diikuti oleh 57 siswa SDN BuluKerto Magetan dan 10 guru pendamping.

Dalam sosialisasi ini Nurul Huda menyampaikan beberapa materi mitigasi bencana dan kerelawanan, diantaranya; materi seputar kedaruratan penyelamatan diri, evakuasi, dan seputar medis.

“Hal ini bertujuan agar siswa dan guru bisa mengenal lebih banyak pengetahuan tentang gempa dan bagaimana menyelamatkan saat terjadi gempa.”tutur Nurul Huda, fasilitator sosialisasi.

Materi-materi tersebut disampaikan didalam ruang. Adapun sesi pemutaran film kebencanaan yaitu macam-macam gempa yang terjadi di Indonesia. Setelah pemutaran para siswa dipersilahkan untuk bertanya mengenai apa yang disampaikan oleh fasilitator seputar kebencanaan.

“kegiatan ini dilakukan serentak setiap OPD dan instansi sekolah mulai SD sampai SMA di wilayah Kabupaten Magetan.”ungkap Nurul Huda.

Adapun beberapa praktik yang dipelajari, diantaranya ; melindungi diri saat gempa dengan berlindung di bawah bangku dan menutup kepala dengan tas, evakuasi korban dengan menggunakan tandu yang dibuat oleh siswa, sampai dengan penyelamatan korban yang luka ringan hingga berat dengan team medis yang ada.

“Harapannya kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan oleh satuan pendidikan secara rutin agar siswa lebih faham dan mempersiapkan diri lagi dalam penanggulangan bencana.”tutur Nurul Huda.

‘Nampak siswa merasa senang karna baru pertama kali menerima materi dan praktik langsung dengan didampingi.”jelasnya.

Nurul Huda mengatakan setelah kegiatan ini akan berlanjut kegiatan ‘SANTANA Go To School’ sebagai aksi penyaluran pengetahuan mengenai kerelawanan penanggulangan dan mitigasi bencana di tingkat sekolah.

(Ima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *