Lamongan-Portalangit. Untuk memberikan pemahaman kepada para siswa mengenai materi “Haji”, MWC LP MA’ARIF NU Kec. Turi menyelenggarakan acara Manasik Haji.

Dengan diikuti oleh sekitar 690 siswa, 100 guru, dan 90 wali murid madrasah di Kecamatan Turi, Lamongan. Satu diantaranya yaitu Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Kaaffah Turi, Lamongan

Acara diadakan pada Sabtu, 27 April 2024. Bertempat di Lapangan Desa Balun, Kec Turi, Kab Lamongan, Jawa Timur.

“dengan kegiatan ini memberi pemahaman nilai agama dan moral, mengetahui pelaksanan rukun Islam  ke lima kepada anak tentang pelaksanaan haji.”tutur Asna, guru pendamping dari MIIKAAFFAH.

Sebelum acara praktik Manasik Haji dimulai, seluruh peserta mengikuti upacara pembukaan serta arahan perihal kegiatan ini.

“Arahan ini agar anak – anak tahu tentang urutan  rukun haji  yang sebenarnya, dengan pelatihan secara langsung bahwa berhaji itu butuh perjuangan secara lahir dan batin, juga melatih anak kedisiplinan dan ketertiban.”ungkap Asna.

Kemudian peserta berbaris melakukan manasik Haji sesuai nomor urutan lembaga pendidikannya.

Nampak siswa sangat antusias dan ceria mengikuti acara ini. Peserta mengenakan pakaian ihram Haji selayaknya mereka melakukan ibadah Haji .

Setiap pos terdapat tulisan keterangan nama-nama tempat yang dikunjungi seperti tempat wukuf di padang arofah, Mabit di Mina ke muzdalifa, tempat Towaf, dan sa’i.

Para peserta berbondong-bondong bergantian melakukan praktik mengikuti panduan panitia sesuai rukun-rukun ibadah Haji. Mulai dari Wukuf di Padang Arofah,Mabit di Mina ke Muzdalifah, melontar jumro ula wustho, Aqobah. Dan dilanjut Towaf 7 kali dan sa’i 7 kali. Kemudian diakhir dengan tahalul.

Selanjutnya, diharapkan menjadi kegiatan rutinitas selama dua tahun sekali

(Ima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *