Banyuwangi-Portalangit. Yayasan Sungai Wacth Indonesia berkolaborasi bersama relawan SANTANA SPMAA Banyuwangi dan masyarakat sekitar dalam upaya penanganan sampah di Pantai Marina boom Banyuwangi.

Aksi ‘Big Clean Up Pantai Marina Boom dilakukan pada Minggu, 28 April 2024 sampai Kamis, 02 Mei 2024. Kegiatan ini dimulai pukul 08.00 WIB sampai 15.00 WIB.

 Tempatnya di Pantai Marina Boom Banyuwangi. Kelurahan Kampung Mandar, Kecamatan Banyuwangi, Banyuwangi Jatim.

Diselenggarakan oleh Yayasan Sungai Wacth Indonesia dan diikuti oleh puluhan masyarakat sekitar dan tujuh relawan SANTANA SPMAA Banyuwangi.

“Tujuan kami yaitu membersihkan sampah yang penyebaran melalui sungai dan laut, disamping itu kami juga memberikan edukasi kepada masyarakat untuk bijak terhadap pembuangan sampah agar tidak sembarangan dan memiliki tempat sampah dan menyerahkan kepada pihak yang bertanggung jawab.”ungkap Manajer Sungai Watch Banyuwangi, Suhardiyanto.

Berkantong-kantong sampah anorganik seperti kantong plastik, botol, dan sampah lainnya berhasil dibersihkan dari bibir pantai.

Aksi “Big Clean Up Pantai Marina Boom”  ini merupakan misi menghentikan sampah plastik yang mencemari ekosistem laut Indonesia.

Aksi ini sangat berarti bagi ekosistem laut, nelayan, dan masyarakat sekitar karena menjadikan Pantai Marina Boom bersih, indah, dan sehat.

“Pesan kami disini setelah dari kegiatan ini mari menerapkan kebersihan karena kebersihan lingkungan itu berawal dari diri kita sendiri. Jangan sampai sampah yang mencemari sungai dan laut ini mengganggu ekosistem air” pesan Suhardiyanto.

Setelah pembersihan di bibir pantai Marina Boom selesai, selanjutnya akan bergeser di lahan mangrove sekitar pantai tersebut.

“Kegiatannya sangat baik, dan bermanfaat. Perlu banyak lagi peran aktif masyarakat dan pihak terkait untuk bisa melanjutkan kegiatan seperti ini. Menjadi pembelajaran kepada kita semua bahwa perlunya kita menjaga alam, sehingga alam akan menjaga kita.”tutur Nurma, relawan SANTANA SPMAA Banyuwangi.

Relawan dan masyarakat sekitar sangat antusias dalam kegiatan ini satu per satu sampah dipungut dan dimasukkan dalam kantong. Kemudian sampah yang telah terkumpul akan diserahkan dan diangkut oleh tim Sungai Watch dan diserahkan pada pihak pengolahan sampah wilayah Banyuwangi.

(Ima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *