Denpasar-Portalangit. Polsek Denpasar Barat bersama Polresta Denpasar melaksanakan kegiatan Jum’at Curhat di Yayasan SPMAA Bali pada Jum’at, 26 Januari 2024.

Dengan dihadiri oleh 11 orang terdiri dari anggota; Kasat Binmas, Kasat Lantas, dan PJU Polsek Denbar. Dengan diikuti oleh 15 TPU (Tenaga Penyayang Umat) yang bertugas di Yayasan SPMAA Bali dan 2 perwakilan santri.

Selain itu, Pembina Yayasan Ponpes SPMAA Bali, Dr. H. Glory Islamic, S. Ag., M. Si. Menyambut hangat kehadiran anggota kepolisian.

Kedatangan diawali dengan pengenalan kompleks asrama dengan di dampingi TPU. Hal ini memberikan kesan tersendiri mengenai nilai toleransi dengan hidup rukun berdampingan bersama umat beragama Hindu.

Kegiatan dilanjut dalam ruang dengan dikemas dalam bentuk sarasehan dan diskusi yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Denpasar Barat Kompol (Komisaris Polisi) I Gusti Agung Made Ari Herawan, S. IK., yang digelar di gedung TK Rare Muchtary, Jl. Labak II No.7, Tegal Harum, Kec. Denpasar Barat Kota Denpasar, Bali.

Dalam sesi curhat, Dewi Umyana selaku kepala Pesantren Yayasan SPMAA Bali menyuarakan kekhawatiran akan maraknya kejahatan verbal maupun non-verbal yang dialami santri saat berada di lingkungan sekitar. Seperti halnya waktu perjalanan dari asrama hingga sekolah.

Tak hanya itu, permasalahan juga muncul dari ulah warga pendatang yang sering mengganggu ketenangan satu diantaranya minum miras (mabuk-mabukan) yang memicu keributan.

Kompol (Komisaris Polisi) I Gusti Agung Made Ari Herawan, S. IK., sebagai narasumber dalam kegiatan jum’at curhat ini dengan sigap menanggapi curhatan tersebut dan berkomitmen untuk meningkatkan intensitas kegiatan patroli guna mengantisipasi potensi masalah tersebut.

Kapolsek Denbar saat dikonfirmasi, menjelaskan bahwa kegiatan Jumat Curhat ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian terhadap informasi, aspirasi, dan keluhan masyarakat. Hal ini untuk membangun silaturahmi dan kemitraan antara Polri dan masyarakat.

“Kegiatan jum’at curhat ini merupakan kegiatan rutin atas perintah Kapolri guna untuk mendengarkan aspirasi masyarakat secara langsung yang dialami di daerah atau wilayah. Dengan kita sharing dan memberikan solusi mungkin ada permasalahan di masyarakat yang belum bisa tertangani dengan kegiatan ini kita bisa merespon dan menampung solusi kedepannya.”ungkap Kompol (Komisaris Polisi) I Gusti Agung Made Ari Herawan, S. IK.

Adapun apresiasi kepada Ponpes Yayasan SPMAA Bali atas pengelolaan dan pengasuhan para santri.

“Ini merupakan Yayasan dimana anak-anak banyak yang sekolah disini dari kalangan mampu dan tidak mampu itu bagus sekali”tutur Kompol (Komisaris Polisi) I Gusti Agung Made Ari Herawan, S. IK.

‘untuk masalah keamanan akan kita bantu dari Bhabinkamtibmas dan Pecalang terkait tentang keamanan anak-anak.”tambahnya.

Acara terakhir yakni penyerahan bingkisan kepada Yayasan Ponpes SPMAA Bali yang diwakili oleh Kepala Pesantren dan santri Yayasan Ponpes SPMAA Bali.

Selanjutnya, Dr. H. Glory Islamic, S. Ag., M. Si. Pembina Yayasan SPMAA Bali membersamai rombongan anggota kepolisian untuk menikmati hidangan makan siang.

Tak lupa, memutarkan video “Sepuluh Tahun SPMAA Bali Mengabdi Kepada Masyarakat”

(Ima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *