Lamongan-Portalangit. Madrasah Ibtidaiyah (MI) Islamiyah Kaaffah lembaga pendidikan dibawah naungan Yayasan SPMAA Lamongan telah mengadakan PERJUSAMI (Perkemahan Jum’at, Sabtu, Minggu).

Kegiatan dilakukan selama tiga hari tepatnya pada Jum’at, 18 Agustus 2023 sampai Minggu, 20 Agustus 2023. Bertempat di MI Islamiyah Kaaffah, Ds. Turi, Kec. Turi, Kab. Lamongan, Jawa Timur.

“Kami Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Kaaffah selama tiga hari ini kami melakukan kegiatan Perjusami dalam rangka memeriahkan HUT RI yang ke-78 dan hari HUT Pramuka yang ke-62.”tutur Siti Ilhamiyatin, Kepala Madrasah MI Islamiyah Kaaffah.

Perkemahan kali ini mengangkat tema “Siap Sedia Membangun Keutuhan Negara Republik Indonesia dan Menjadi Manusia Yang Profesional dan Proporsional.”

Diikuti sebanyak 42 siswa dengan dibagi menjadi 6 regu. Setiap regu berisi kan 6 sampai 8 orang.

“Dengan kegiatan ini bertujuan agar anak-anak belajar hidup mandiri jauh dari orang tua, tanpa bantuan orang tua. Belajar tentang kedisiplinan, dan juga banyak mengenalkan tentang materi-materi kepramukaan yang selama ini terhambat selama pandemi.” ungkap Siti Ilhamiyatin.

Adapun kegiatan yang dilakukan siswa selama perjusami di antaranya; kegiatan delapan rukun santri SPMAA, mengikuti materi, penjelajahan, flying fox, dan beberapa perlombaan.

“Dalam kegiatan ini anak-anak diawali dengan sholat tahajjud jam 3, dilanjutkan sholat fajar, subuh, dan kegiatan kemandirian hingga menerima materi kepramukaan.” jelas Siti Ilhamiyatin.

‘Selain materi kepramukaan dalam acara perjusami kali ini, kami juga turut memeriahkan HUT RI yang ke-78 dengan mengisi berbagai lomba-lomba, baik bersama siswa MI Islamiyah Kaaffah dan bapak ibu paguyuban.” tambahnya.

Nampak siswa terlatih disiplin dalam berkegiatan. Walaupun lelah mereka tetap semangat.

“kami mengisi kegiatan ini dengan seru-seruan bersama seluruh komponen madrasah yang ada di MI Islamiyah Kaaffah.” tutup Siti Ilhamiyatin.

(Ima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *