Riau-Portalangit. Yayasan Sumber Pendidikan Mental Agama Allah (SPMAA) Riau menghadiri undangan untuk mengikuti upacara peringatan HUT RI ke-78 yang diselenggarakan oleh pemerintah Desa Karya Tunas Jaya pada Kamis, 17 Agustus 2023.

Bertempat di lapangan Kantor Desa Karya Tunas Jaya, Kec. Tempuling, Kab. Indragiri Hilir, Riau.

Kepala Desa Karya Tunas Jaya, Azwira Faiza, S.Pd. sebagai inspektur upacara dengan diikuti sekitar 450 orang. Dari Yayasan SPMAA cabang Riau yang hadir di antaranya; jamaah SPMAA, siswa Maika SPMAA Riau, siswa MI Islamiyah Kaaffah, siswa PAUD Tunas Muchtary, dan PAUD Jembatan Muchtary.

“Tahun ini mestinya SPMAA Riau melaksanakan upacara sendiri namun karena diundang langsung oleh bapak kades utamanya, saya sebagai Kamad MIIKAAFFAH yang biasanya undangan langsung ke SPMAA saja sehingga seluruh kompenen Yayasan SPMAA baik SANTANA, PAUD TK,  MAIKA, dan MIIKAAFFAH Riau semua turut memeriahkan upacara di Desa Karya Tunas Jaya.” tutur Mariati Bibit Fitriani, S.Pd. Kepala Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Kaaffah Riau.

Harapan ke depan jika SPMAA dilibatkan lagi dalam pelaksanaan Upacara Hari Kemerdekaan di Desa Karya Tunas Jaya, semoga bisa berperan lebih bermanfaat.  Mungkin sebagai petugas upacara tidak hanya sebagai peserta upacara saja.Selain itu upacara kali ini diikuti dari berbagai lapisan masyarakat mulai dari warga sekitar, instansi pemerintah, dan lembaga pendidikan yang ada di Desa Karya Tunas Jaya.

Adapun organisasi masyarakat yang hadir dalam upacara ini di antaranya; PSHT Desa Karya Tunas Jaya, grup Kuda Lumping Desa Karya Tunas Jaya, grup Banjari Dusun Bumi Asih, dan pemuda Desa Sumber Jaya.

“Senang bahagia karena tahun ini upacara Hari Kemerdekaan RI di Karya Tunas Jaya  lebih meriah dari tahun sebelumnya, kata beberapa orang dari masyarakat yang turut hadir.” ungkap Mariati Bibit Fitriani, S.Pd. Kepala Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Kaaffah Riau.

Nampak peserta dari Yayasan SPMAA cabang Riau sangat antusias mengikuti upacara peringatan HUT RI ke-78 ini dengan kompak berseragam dan berbaris rapi.

Setelah upacara selesai, nampak peserta upacara dari Yayasan SPMAA cabang Riau bergegas membersihkan lapangan dari sampah.

“Alhamdulillah seusai upacara kami seluruh komponen SPMAA Riau ketika melihat lapangan penuh dengan sampah yang berserakan, kemudian dengan sigap langsung dengan komando siap bersih lingkungan dalam waktu kurang dari 15 menit lapangan Karya Tunas Jaya  bersih dari sampah,” tutur Mariati Bibit Fitriani, S.Pd. Kepala Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Kaaffah Riau.

‘Hal ini menunjukkan dimana pun  berada tetap menegakkan amanah tidak hanya dalam bidang sosial dan pendidikan saja akan tetapi peran SPMAA dalam bidang lingkungan juga ditunjukkan dengan menjaga tempat agar bersih dari sampah yang berserakan.” jelasnya.

(Ima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *