Blora-Portalangit. Santri Tanggap Bencana (SANTANA) SPMAA Blora pada Jum’at, 04 Agustus 2023 ikut bergotong royong dalam kerja bakti pembuatan jalan desa.

Sebanyak 32 relawan SANTANA ikut berpartisipasi dalam giat pembuatan jalan menuju area pemakaman mulai dari RT. 02 hingga RT. 03, Desa Ledok, Kec. Jati, Kab. Blora, Jawa Tengah.

“Pembuatan jalan ini dilakukan untuk mempermudah apabila ada orang meninggal sewaktu-waktu jalannya tidak terlalu jauh, makanya kita membuat jalan pintas ini.” Tutur Darman relawan SANTANA SPMAA Blora.

Permasalahan yang sering ditemui menyangkut kekuatan dan keawetan kontruksi jalan adalah perubahan bentuk dari jenis tanah  tertentu akibat beban lalu lintas.

Hal ini menjadikan adanya ruas-ruas jalan yang banyak mengalami keretakan, penurunan pondasi jalan, serta permukaan jalan yang bergelombang dan berongga akibat daya dukung tanahnya kurang baik. Salah satu cara untuk memperbaikinya yaitu dengan stabilisasi tanah dengan cara pemasangan batu kumbung sebagai pondasi tepi jalan.

Selanjutnya, pembuatan jalan sekitar 250 meter ini akan dilanjut pada tahap pengerasan dengan cara pengurugan tanah dan dilapisi batu pasir/sirtu.

“Setelah ini pengerasan jalan menggunakan sirtu atau pecel baru grosok, yang kemarin hanya tanah insyaallah ditambah batu grosok.” tutur Darman.

Panjang jalan yang diperbaiki kurang lebih 250 meter, mengenai biaya sudah ditanggung oleh iuran masyarakat. Jadi relawan SANTANA membantu tenaga dalam pengerjaan jalan tersebut.” jelasnya.

(Ima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *