Lamongan – Portalangit. Siswa MA Ruhul Amin ikut memeriahkan PORSENI yang diselenggarakan oleh Lembaga Pendidikan dalam naungan Kemenag Lamongan.

“Kegiatan ini diikuti 71 lembaga Madrasah Aliyah se-Kabupaten Lamongan dengan jumlah peserta 1.494 dan official sebanyak 785,” kata Kepala Kemenag Lamongan, Syamsuri diacara pembukaan yang bertempat di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Lamongan.

kegiatan Porseni ini digelar selama tiga hari berturut-turut, mulai sabtu (29/07/2023) hingga hari senin (31/07/2023). Sebanyak 14 cabang olahraga dan seni yang dilombakan.

Di antaranya, 7 cabang olahraga mencangkup tenis meja, bulutangkis tunggal-ganda Pa/Pi, futsal, pencak silat, dan voli Pa/Pi.

Dan cabang seni, melingkupi Musabaqah Hifdzul Qur’an (MHQ), Kaligrafi, cipta-baca puisi, pidato Bahasa Arab-Bahasa Inggris, Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), dan pop singer.

Siswa Madrasah Aliyah Ruhul Amin (MARA) sendiri, mengikuti beberapa perlombaan tunggal maupun group. Di cabang olahraga, siswa MARA mengikuti futsal, bulutangkis Pa, lari 100-800 M, tenis meja, di cabang seni, perlombaan yang diikuti pidato Bahasa Inggris, pidato Bahasa Arab, cipta baca puisi dan kaligrafi.

MARA ( Madrasah Aliyah Ruhul Amin) dapat memenangkan juara 2 lomba bulutangkis ganda putra pada event ini.

Kegiatan Porseni yang diadakan 2 tahun sekali ini dilaksanakan di beberapa tempat, antara lain, MAN 1 Lamongan, SMK NU Lamongan, LSC, GOR, Stadion, dan Al Mizan.

Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi mengatakan pada pembukaan Porseni, meski ini merupakan sebuah kompetisi yang harus dilewati, tapi dia menganjurkan agar tetap menjunjung persahabatan, sportivitas, gotong-royong, dan juga keakraban antar sesama peserta.

Ia juga berharap akan muncul bibit-bibit atlit dari siswa MA di Lamongan yang akan berlaga di tingkat nasional dan international.
“Melalui kegiatan ini, kita harapkan akan lahir generasi unggul pemegang masa depan,” katanya

“Keikutsertaan siswa siswi MARA di ajang Porseni ini, selain untuk membibit atlit olahraga level juara, kita maksudkan juga untuk membiasakan kejuangan mental sportifitas dan moral ikhlas. Karena kita membawa nama almamater Madrasah Aliyah yang melekat dengan kesan kebenaran dan kejujuran,” ungkap Gus Adhim selaku kepala MA Ruhul Amin Turi Lamongan. (daff)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *