Denpasar-Portalangit. Akreditasi sekolah/madrasah sebagai upaya terwujudnya sekolah/madrasah yang profesional terpercaya dan terbuka, tim assessor Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) melakukan visitasi di Madrasah Tsanawiyah Al-Mubarokah pada Rabu, 26 Juli 2023-Kamis, 27 Juli 2023.

Diketahui Madrasah Tsanawiyah Al-Mubarokah atau sering disebut dengan “Makkah” Merupakan lembaga pendidikan yang berdiri dibawah naungan Yayasan Ponpes SPMAA Lamongan.

Akreditasi sekolah/madrasah adalah proses penilaian secara komprehensif terhadap kelayakan satuan atau program pendidikan, yang hasilnya diwujudkan dalam bentuk sertifikat pengakuan dan peringkat kelayakan yang dikeluarkan oleh suatu lembaga mandiri dan profesional.

Dalam kesempatan ini, terdapat dua orang tim assessor yang hadir di antaranya; Atho’illah, S.Ag., M.Pd.I. dan Dayat, S.Pd., M.Pd.

“kami bersama tim dalam kesempatan kali ini bertujuan untuk melakukan visitasi dan akreditasi madrasah tahap tiga,” tutur Dayat, S. Pd., M. Pd.

Kedatangan tim assessor ini disambut langsung oleh Gus H. Khosyi’in Koco Woro Brenggolo, S. Ag., Gus Basyirun Adhim, S.Sos., Gus World Arbitrator, S.Pd., dengan didampingi para guru Madrasah Tsanawiyah Al-Mubarokah.

Kegiatan berlangsung selama dua hari. Hari pertama Rabu, 26 Juli 2023, tim assessor dengan didampingi para guru dan Tenaga Penyayang Umat (TPU) yang bertugas di Yayasan Ponpes SPMAA Lamongan untuk berkeliling komplek Ponpes SPMAA Lamongan dan komplek lingkungan sekolah Madrasah Tsanawiyah Al-Mubarokah sebagai pengenalan pembelajaran siswa di lingkungan luar kelas.

“saya dengan didampingi para ustaz dan guru untuk berkeliling lingkungan sekolah, saya terkesan dari Madrasah Tsanawiyah Al-Mubarokah  memiliki sistem pendidikan yang luar biasa yaitu menanamkan karakter pada siswa. Ini sangat bagus bagi generasi masa depan khusunya yang ada di Madrasah Al-Mubarokah.” Ungkap Dayat, S. Pd., M. Pd.

Terdapat kelas diskusi antara tim assessor dan para guru guna mengetahui mutu dan prestasi dalam pembelajaran, manajemen madrasah dan para pendidik.

Hari ke-dua Kamis, 27 Juli 2023, kegiatan visitasi dilanjut dengan melakukan observasi secara langsung mengenai praktik mengajar para guru pendidik, dan melengkapi standar akreditasi sekolah/madrasah.

“kedepannya MTs Al-Mubarokah dapat lebih bersemangat lagi meningkatkan kualitas dan menanamkan sistem pendidikan karakter bagi anak-anak,” ungkap Dayat, S. Pd., M. Pd.

Hal ini menjadikan mutu Madrasah Tsanawiyah Al-Mubarokah mendapat penilaian terakreditasi “A” dari pihak BAN-S/M.

(Ima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *