Denpasar-Portalangit. Menurut rincian Kementerian Agama (Kemenag) terdapat sebanyak 240 calon haji asal Indonesia menerima layanan safari wukuf di Arafah karena kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan untuk wukuf mandiri pada Selasa, 27 Juni 2023.

“Tahun ini memfasilitasi 240 jemaah haji lansia dan disabilitas untuk menjalani safari wukuf,” kata Juru Bicara PPIH Pusat Kemenag Akhmad Fauzin dalam keterangannya, Selasa, 27 Juni 2023.

Fauzin merinci mereka yang menerima safari wukuf adalah jemaah lansia atau difabel yang memiliki keterbatasan dalam pergerakan. Kondisi itu membuat mereka tidak bisa melakukan apa-apa atau memiliki keterbatasan kemampuan fisik berat.

“Fasilitasi ini sebagai upaya PPIH dalam memberikan perlindungan jemaah sekaligus agar mereka bisa menyelesaikan ibadah hajinya,” katanya.

Fauzin menjelaskan para jemaah sakit yang disafariwukufkan diberangkatkan pada 9 Zulhijah 1444 H/27 Juni 2023 mulai jam 11.00 waktu Arab Saudi (WAS) ke Arafah dengan enam bus.

Ia menjelaskan, persiapan mobilisasi dilakukan mulai jam 09.00 WAS. Setiap bus akan diisi maksimal 40 calon haji dalam kondisi duduk. Setiap bus nantinya akan dikawal sembilan petugas, terdiri atas penunjuk jalan, dokter, pembimbing ibadah, paramedis, dan pelayanan lansia.

“Ada 54 petugas yang mengawal mereka. KKHI juga siagakan dua ambulance, on call. Untuk setiap jemaah, disiapkan antara lain kain ihram, mukena, peralatan mandi, diapers, sarung tangan, masker. PPIH Arab Saudi juga menyiapkan sejumlah kursi roda, alat pelindung diri (APD), dan alat kebersihan,” ujar dia.

Pada hari ini jemaah haji dari seluruh dunia termasuk jemaah haji Indonesia sedang melaksanakan prosesi wukuf di Arafah. Waktu dimulai wukuf setelah tergelincirnya matahari (waktu Zhuhur) pada 9 Zulhijah.

Selama wukuf, pihak PPIH menyelenggarakan khutbah wukuf dan salat berjamaah di tenda utama dan di setiap tenda jemaah.

Khutbah wukuf di tenda utama akan disampaikan oleh Habib Ali Hasan al Bahar. Setelahnya salat berjamaah Jama’ qashar Zuhur dan Ashar, dilanjutkan zikir dan doa wukuf yang dipimpin oleh Aris Nikmatullah.

“Prosesi dan khutbah wukuf akan disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube dan Instagram Kementerian Agama pukul 14.45 WIB atau 10.45 WAS,” kata dia.

Sekitar pukul 19.30 waktu Arab Saudi, Fauzin menjelaskan para jemaah haji mulai diberangkatkan dari Arafah ke Muzdalifah untuk bermalam (Mabit) dan mengumpulkan batu lontar jumrah.

Mabit di Muzdalifah termasuk wajib haji. Jemaah yang udzur syar’i diperbolehkan meninggalkan mabit di Muzdalifah dan tidak dikenai dam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *