Denpasar-Portalangit. Pondok Pesantren Sumber Pendidikan Mental Agama Allah (SPMAA) Pasuruan bersama Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jawa Timur menggelar pelatihan Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB).

Sebanyak 70 peserta ikut dalam kegiatan yang diadakan di Ponpes SPMAA Pasuruan, Dusun Tamanan, Kepulungan, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, pada Minggu, 25 Juni 2023.

Peserta tersebut terdiri dari guru, siswa, pegawai, dan santri Ponpes SPMAA. Tema yang diusung dalam kegiatan ini adalah Sehati Kerelawanan, Sevisi Keakhiratan, Sinergi Swadaya Santri SPMAA Lillahi Ta’ala.

Dian Harmuningsih, Koordinator SRPB Jatim hadir dan memberikan sambutan dalampembukaan kegiatan tersebut. Ia mengatakan bahwa pelatihan ini merupakan bentuk dari pengabdian tim SPAB SRPB Jatim.

“Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pengabdian tim SPAB SRPB Jatim,” ungkap Koordinator SRPB Jatim Dian Harmuningsih yang membuka acara ini.

Direktur Utama Yayasan Ponpes SPMAA Lamongan, Gus H. Ashabun Naim, S.E. bersama Komandan Santri Tanggap Bencana (SANTANA), Gus Basyirun Adhim, S.Sos. hadir mendampingi pelatihan tersebut. Selain itu, Pimpinan Yayasan Ponpes SPMAA Pasuruan, Gus Rohman Arsys Tawa juga hadir dalam kegiatan.

Diketahui tim SPAB SRPB Jatim yang memberi pelatihan terdiri dari Asichatul Insiyah, Erfan Alif Pujiono, Yan Aditya, Rizal Fahmi, dan Isna. 

Sementara materi SPAB yang diberikan cukup lengkap. Meliputi pengurangan risiko bencana (PRB) dasar, pembuatan dokumen kajian risiko, rencana aksi pondok pesantren, pembentukan Tim Siaga Bencana Sekolah (TSBS), peta rambu dan titik kumpul, pemadaman kebakaran dengan alat pemadam api ringan (APAR), dan alat pemadam api tradisional (APAT).

Nampak para peserta sangat antusias dan bersemangat mengikuti pelatihan. “Terima kasih Yayasan SPMAA telah menyelenggarakan pelatihan ini, kami mendapat banyak ilmu pengetahuan baru. Kegiatan ini sangat seru dan banyak manfaat.” Kata mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo yang mengikuti pelatihan tersebut.

Pelatihan Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) digelar dengan harapan para peserta dapat menyerap ilmu sehingga mampu menyebarkan kepada keluarga, teman, dan masyarakat sekitar.

(Ima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *