Denpasar-Portalangit. Bertempat di MI Islamiyah Karangwedoro, Turi, Lamongan pada Senin, 19 Juni 2023 digelar kegiatan pekan olahraga dan seni (Porseni) tahun 2023 tingkat MI se-kecamatan Turi.

Dengan diikuti sekitar 30 lembaga pendidikan setingkat MI satu di antaranya yaitu Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Kaaffah dibawah naungan Yayasan Ponpes SPMAA mengirimkan 15 siswa untuk ikut andil dalam kegiatan Porseni tahun 2023.

pekan olahraga dan seni (Porseni) tahun 2023 menjunjung tema tinggi “SOKOSEKAT” (Sportif, Kompetitif, Sehat dan Berbakat) menuju Madrasah Mandiri Berprestasi.

Secara umum kegiatan Pekan Olahraga dan Seni  (Porseni)   Jenjang  Madrasah Ibtidaiyah  (MI),  bertujuan  memberikan  wadah bagi peserta  didik yang  memiliki  bakat dalam bidang  olah raga dan seni untuk dapat mengikuti  perlombaan  atau pertandingan secara sportif  sehingga  dapat menyalurkan  minat dan bakatnya  dengan  harapan  akan meraih prestasi  yang optimal.

Adapun secara khusus  kegiatan  Porseni   ini bertujuan;

  1.             Meningkatkan  prestasi  dan motivasi berprestasi  dalam bidang  seni dan olahraga  antar peserta didik madrasah  ibtidaiyah, di lingkungan  Kantor  Wilayah  Kementerian   Agama Provinsi  Jawa Timur;
  2.             Menumbuh-kembangkan    budaya  kompetisi  secara sehat, fair, dan sportif di kalangan peserta  didik madrasah;
  3.             Memberi  kesempatan  dan penghargaan  bagi peserta didik yang berprestasi  sesuai dengan minat  dan bakatnya  untuk dapat beraktualisasi  diri;
  4.             Meningkatkan   motivasi  pelaksanaan  program  pembinaan  peningkatan  prestasi  peserta didik sekaligus  sebagai  sarana  apresiasi  dan evaluasi  terhadap  kegiatan  ekstrakurikuler khususnya  di bidang  olahraga dan Seni;
  5.             Meletakan  dasar karakter  moral  yang kuat melalui  intemalisasi   nilai-nilai  yang terkandung  di dalam pendidikan  seni, pendidikan  jasmani,  olahraga  dan kesehatan;
  6.             Menanamkan  ukhuwah  Islamiyah,  solidaritas,  dan sportifitas  antar keluarga  besar madrasah  ibtidaiyah,   di lingkungan  Kantor  Wilayah  Kementerian   Agama  Provinsi JawaTimur.
  7.             Melahirkan  bibit-bibit  atlit seni dan olahraga potensial  yang dapat dibanggakan.

Sementara beberapa cabang lomba dalam kegiatan pekan olahraga dan seni (Porseni) tahun 2023 yaitu; lari 80/60 meter, tolak peluru, lompat jauh, bulutangkis, tenis meja putra, tenis meja putri, catur putra, catur putri, volleyball mini, seni pencak silat, MTQ, tahfiz, pildacil bahasa Indonesia, pildacil bahasa Inggris, pildacil bahasa Arab, kaligrafi, melukis, menyanyi lagu Islam, puisi.

Para siswa sangat antusias dan bersemangat mengikuti kegiatan tersebut. Saat ini Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Kaaffah berhasil meraih beberapa kejuaraan dalam kegiatan Porseni tahun 2023 di antaranya; juara 1 lomba lari 80/60 meter putra, juara 2 lomba lari 80/60 meter putri, dan juara 2 lomba menyanyi lagu Islam.

“Saya sebagai pendamping merasa senang dan bangga, yang mana terlihat anak semangat dan berusaha percaya diri ketika tampil dengan harapan tentunya dapat mendapat poin bagus, dan Alhamdulillah kami mendapatkan.” Tutur Jannatin, guru pendamping MI Islamiyah Kaaffah.

‘Ketika melihat peserta lain yang lebih bagus tampilannya itu menjadi sumber belajar menambah wawasan untuk momen perlombaan mendatang.” Tambahnya.

(Ima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *