Denpasar-Portalangit. SANDHAWITA (Santri Dharma Wisata Keluarga) dibawah naungan Yayasan SPMAA ikut memeriahkan Gebyar Wisata Nusantara Expo (GWN Expo) 2023 di Smesco Exhibition Hall, Jakarta pada Kamis, 08 Juni 2023 hingga Minggu, 11 Juni 2023.

Dalam hal ini SANDHAWITA SPMAA turut mengisi stand pameran bersama ASIDEWI (Asosiasi Desa Wisata Indonesia), sekaligus menjadi narasumber seminar pembukaan di acara tersebut.

Gus Basyirun Adhim, S. Sos. Sebagai pimpinan SANDHAWITA SPMAA dalam sambutannya mengenalkan sekilas mengenai SANDHAWITA SPMAA yang merupakan pusdiklat SO-DIK-LINK (Sosial, Pendidikan, dan Lingkungan) dan Asosiasi desa wisata tentang kawasan Agrolestari dan wisata ekologi (KAWE)

“Kawe” berasal dari bahasa daerah Sumende yang berarti kopi, oleh Gus Adhim di kemas menjadi sebuah wahana wisata KAWE (Wisata Agrolestari dan Wisata Ekologi).

Dalam kesempatan ini SANDHAWITA SPMAA memperkenalkan lima cabang SPMAA yang memiliki wisata ekologi yaitu, OKU selatan (wisata petik kopi, tubing, dan travelling),  Batam (wisata laut), Lombok Timur (wisata trekking dan hiking, petik buah stroberi,dan kopi Rinjani), Pasuruan (wisata petik buah kelengkeng, dan belajar pertanian padi organik), dan Gunun Kidul Yogyakarta (wisata pemandangan).

Dalam pameran ini SANDHAWITA SPMAA mempersembahkan kopi robusta lereng Rinjani, kopi bubuk Arabika, gula aren, hasil anyaman, topi, dan songkok.

“Selama saya bersama mereka, semangat mereka sangat saya acungin jempol dari mental dan usahanya sehingga mempunyai produk, selain itu mereka juga mengenalkan tentang usaha kehidupan dunia untuk menuju kehidupan akhirat, itu sangat luar biasa” tutur Arifin petani kopi Bogor.

(Ima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *