Madiun-Portalangit. Pelatihan Pembuatan Makanan Olahan Ikan bagi masyarakat bersama Gus H. Khosyi’in Koco Woro Brenggolo, S.Ag. dan Coach Andri yang diselenggarakan pada Kamis, 12 Januari 2023.

Bertempat di Yayasan SPMAA Kabupaten Madiun, RT.12/RW.06, Ds. Sidorejo, Kec. Kebonsari, Kab. Madiun, Jawa Timur.

Menurut data yang diterima, diikuti sebanyak 30 peserta berasal dari Kabupaten Ngawi, Ponorogo, Magetan, dan masyarakat sekitar. Selain itu dihadiri oleh Kepala Desa, Kasun, Babinkamtibmas, dan ketua RT-RW.

Pelatihan pembuatan makanan olahan ikan tersebut diawali dengan pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan Ketua koordinator Yayasan SPMAA Madiun Rohim Sofyan, sambutan Gus H. Khosyi’in Koco Woro Brenggolo, S.Ag. sambutan Kepala Desa Sidorejo, dan sambutan kamtibmas.

Kemudian pemaparan materi pelatihan pembuatan makanan olahan ikan yang disampaikan oleh Gus H. Khosyi’in Koco Woro Brenggolo, S.Ag. dan Coach Andri.

Selama materi berlangsung, para peserta sangat antusias dan bersemangat. Diakui banyak ilmu yang didapat setelah mengikuti pelatihan tersebut.

“Terima kasih kepada Yayasan SPMAA karena sudah menyelenggarakan pelatihan ini banyak ilmu baru yang didapat,” ungkap Hartini, peserta pelatihan.

Pelatihan pembuatan makanan olahan ikan ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan pengetahuan dan keterampilan peserta pelatihan terhadap GMP (Good Manufacturing Practice) atau yang lebih dikenal dengan istilah CPB (cara produksi yang baik) yang merupakan suatu pedoman atau prosedur guna menghasilkan produk yang baik.

Dalam pelatihan pembuatan makanan olahan ikan kali ini mendorong peningkatan konsumsi ikan yang bermutu, sehat, dan juga aman. Hal ini dilihat dari proses pengolahannya dengan menjaga kebersihan dan tanpa penambahan pengawet maupun  MSG.

“mengolah ikan menjadi makanan, tanpa bahan micin. Makanan bisa dijual. Alhamdulillah, pemerintah sangat mendukung adanya kegiatan ini.” Kata Rohim Sofyan, ketua koordinator Yayasan SPMAA Madiun.

‘diwaktu terdekat akan ada tindak lanjut dari pelatihan ini lagi”. Tambahnya.

(Ima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *