Serang – Portalangit. Pengurus dan anggota cabang SPMAA Jabodetabek, mengikuti pelatihan administrasi cabang yang digelar oleh program Perguruan Tinggi Manajemen Alternatif atau PERTAMA SPMAA. Pelatihan ini dilaksanakan di yayasan SPMAA Serang selama dua hari (30-31/12).  Peserta mendapatkan pembekalan ilmu administrasi lembaga berbasis digital, khususnya pada tugas pokok dan fungsi pengurus cabang.

Menghadirkan Direktur yayasan SPMAA pusat Lamongan, Gus H. Ashabun Na’im via daring untuk memberikan sambutan dalam pembukaan dan dipandu langsung oleh Dr. H. Gus Glory Islamic S.Ag M.Si selaku fasilitator dalam pelatihan administrasi cabang tersebut.

Sebanyak 25 peserta hadir dalam pelatihan ini secara secara luring maupun daring. 15 peserta terdiri dari pengurus cabang Jabodetabek, dan 10 peserta daring lainya merupakan pengurus atau anggota cabang SPMAA Lampung, Batam, Jambi, Wonogiri, Madiun, Probolinggo dan Bali.

Pada hari pertama, kegiatan dalam pelatihan ini meliputi materi dan praktik pembuatan akun dan alamat digital, pengenalan pada pengelolaan data Google drive, dilanjut dengan pemahaman fasilitas digital SPMAA.

“Alhamdulillah kami disini mendapatkan banyak ilmu tentang mengelola data berbasis digital online secara daring sehingga pelatihan ini dapat memudahkan kami dalam melaksanakan administrasi cabang di Wonogiri” ujar Rahman Ashidiqi selaku peserta daring dari SPMAA Wonogiri.

Hingga hari kedua, kegiatan pelatihan ini berlanjut pada materi pegenalan dan pengelolaan dokumen wajib cabang dan jenis- jenis surat, profil cabang,  praktik pembuatan TOR kegiatan. Hingga pada meteri terakhir para peserta dikenalkan dengan pembuatan QR data diri dan QR koordinat Cabang.

“Rencana tindak lanjut kami sebagai pengurus di SPMAA Sukabumi, InshaAllah selanjutnya akan memulai pengelolaan administrasi yang lebih tertata” ucap Rozi, pengurus cabang dari SPMAA Sukabumi

Kegiatan pelatihan ini berjalan dengan lancar hingga usai, kedepannya diharapkan para pengurus yang ada di seluruh cabang SPMAA di Indonesia dapat menerapkan ilmu tersebut dalam pengelolaan administrasi cabang dengan baik dan efisien. Hingga di penghujung acara, kegiatan pelatihan ini ditutup dengan sesi foto bersama.

(IL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *