Lamongan-Portalangit. Ditengah penugasan dengan aktivitas padat, para Tenaga Penyayang Umat (TPU) yang bertugas di Yayasan Pondok Pesantren SPMAA Lamongan bersama keluarga besar Bapak Guru Muhammad Abdullah Muchtar (keluarga ndalem) melakukan refresing susur sungai.

Susur sungai sepanjang sungai Tiwet Kalitengah Lamongan ini, rombongan TPU bersama keluarga ndalem dengan menaiki perahu tradisional dilakukan pada Minggu, 23 Oktober 2022.

Sebanyak 35 orang yang ikut dalam kegiatan tersebut, didampingi oleh Gus H. Glory Islamic dan Gus H. Hafidh Sugeng Koco Purnomo.

“Kita sedang susur sungai, sedang refresing dengan para TPU yang tiap hari bergulat dengan kurikulum, bergulat dengan kegiatan pesantren. Rekreasi tak harus mahal kita sewa perahu susur sungai sepanjang sungai Tiwet,” Ungkap Gus H. Glory Islamic.

 Selain sebagai refresing, susur sungai ini sebagai pembelajaran untuk membaca suasana alam sekitar guna menumbuhkan rasa syukur pada diri.

Tidak lupa sebagai pembelajaran anak-anak yang ikut tentang pentingnya menjaga kebersihan sungai dari sampah dan tanaman enceng gondok.

“sekaligus mengkampanyekan wisata desa, dan menerangkan kepada anak-anaknya tentang bagaimana pentingnya membersihkan sungai dari enceng gondok,” katanya.

Diakui, para rombongan sangat menikmati dan banyak sekali pelajaran yang didapat saat perjalanan diatas air ini.

“Semua senang dan bahagia karena semua bisa jegur istilahnya bluron bersama para TPU, para Gus, dan keluarga ndalem tanpa sekat itulah SPMAA,” tambahnya.

Harapan kedepan dapat menumbuhkan semangat para TPU yang bertugas di medan perjuangan pengabdian dijalan Allah SWT.

(Ima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *