Wonogiri-Portalangit. Relawan kebencanaan Kabupaten Wonogiri mengikuti apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana. Satu diantaranya yaitu SANTANA SPMAA Wonogiri.

Apel dilaksanakan pada Minggu, 23 Oktober 2022, berlokasi di Lapangan Ds. Kepatihan, Kec. Selogiri, Kab. Wonogiri, Jawa Timur.

Bambang Haryanto Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menjadi pembina dalam apel tersebut, dengan diikuti sebanyak 709 relawan yang bergabung dalam Komunitas Relawan Sosial Kemanusiaan dan Kebencanaan Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Kab. Wonogiri.

Terdiri dari 48 Komunitas diantaranya Komunitas Relawan Kecamatan (25 Kecamatan se-Kabupaten Wonogiri), Komunitas Relawan Desa Tangguh Bencana (Destana) dan Komunitas Relawan Disabilitas (Redifa).

Empat relawan SANTANA SPMAA Wonogiri ikut serta dalam apel yakni, Asshiddiqi, Joko, Wahono, dan Asfa.

“kegiatan ini sekaligus sebagai pengenalan kepada masyarakat terhadap aksi SANTANA SPMAA Wonogiri yang siap siaga dalam kebencanaan,” kata Asshiddiqi, relawan SANTANA.

Diawali dengan apel relawan pada pukul 07.00-08.00 WIB, dilanjut dengan pertandingan gala tawa sebanyak 8 tim, dan diakhiri dengan sarasehan relawan dan purna bakti Kepala Pelaksana BPBD Drs. Bambang Haryanto, M.M.

Hal ini sangat bermanfaat bagi para relawan guna meningkatkan skill dan kapasitas dalam penanganan risiko bencana.

“Alhamdulillah, diberi kesempatan untuk mewakili SANTANA dalam giat relawan Kabupaten Wonogiri, yang pasti secara pribadi saya mendapat pelajaran baru dan pengalaman baru,” ungkap Wahono relawan SANTANA.

(Ima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *