Lombok-Portalangit. PAUD Kanaq Muchtary Lombok Barat pada Minggu, 27 Maret 2022 melakukan pembelajaran manasik haji dengan cara metode praktek secara langsung.

Sebanyak 21 siswa PAUD Kanaq Muchtary, 4 guru, dan 24 wali murid PAUD Kanaq Muchtary. Selain itu kegiatan tersebut juga diikuti seluruh KB se-kabupaten Lombok Barat.

Pelaksanaan praktek rukun haji ini di asrama haji NTB, Jl. Lingkar Selatan, Tanjung Karang, Jempong Baru, Kec. Mataram, Kab. Lombok Barat, NTB, pada Minggu, 27 Maret 2022 pukul 08.00-10.00 WITA.

Para siswa berangkat dari rumah diantara wali murid menuju asrama haji, siswa diarahkan berbaris rapi menunggu antrian, kemudian membaca do’a talbiyah dan niat haji, dilanjut dengan berjalan menuju tempat ihram, mempraktekkan wukuf, tawaf, sa’i, tahallul,  dan diakhiri dengan berjalan menuju pos tempat air zam-zam.

Dalam kegiatan ini bertujuan agar para siswa mengetahui tata cara menunaikan ibadah haji yang merupakan rukun islam. Dalam kegiatan praktek ini siswa laki-laki memakai kain putih sedangkan siswa perempuan memakai jubah putih, dilengkapi slayer berwarna kuning dan membawa tas untuk tempat minum,

“dengan adanya kegiatan ini agar anak bisa mengetahui tata cara berhaji yang benar, sehingga menambah wawasan anak agar wali murid kompak dalam mengikuti kegiatan sekolah,” ungkap Robin Guru pendamping PAUD Kanaq Muchtary Lombok Barat.

Para siswa sangat senang dan antusias dalam mengikuti kegiatan sesuai panduan dari para guru pendamping.

(Ima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *