CNN. TNI Angkatan Laut (TNI AL) Balikpapan mengamankan delapan kapal motor yang mencuri batu bara di Muara Kembang Buoy 17, Samarinda, Kalimantan Timur, Senin (17/1). Turut pula diamankan 47 anak buah kapal (ABK) saat tengah beraksi memindahkan batu bara dari tongkang ke kapal motor.

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Balikpapan, Kolonel Laut (P) Siswo Widodo mengatakan penangkapan itu merupakan tindak lanjut dari video viral mengenai pencurian batubara.

“Para pelaku pencurian merupakan masyarakat lokal dan sebagian pendatang yang bekerja sebagai cleaning tongkang batu bara yang selesai muat dari vessel dan proses kembali,” kata Siswo dalam keterangan tertulis, Selasa (18/1).

Siswo menerangkan, kegiatan cleaning itu merupakan kearifan lokal yang sudah turun-temurun dan dijadikan sebagai mata pencaharian oleh penduduk di sana.

Hasil cleaning, kata dia, biasanya ditumpuk oleh masyarakat dan dijual kembali ke perusahaan-perusahaan batu bara.

“Namun kali ini diakibatkan terdesak pemenuhan biaya kebutuhan sehari-hari karena sudah kurang lebih dua minggu tidak ada muatan mengakibatkan mereka nekat melakukan pencurian”, ujarnya.

Saat ini, lanjut dia, seluruh kapal motor dan kru disandarkan di Pos TNI AL (Posal) Anggana yang merupakan Posal terdekat dari lokasi untuk selanjutnya diproses.

“Sesuai prosedur maka akan ditindaklanjuti, sesuai aturan dan hukum yang berlaku dengan berkoordinasi dengan Dinas Hukum TNI AL untuk penyidikan mengingat ukuran delapan kapal yang beragam dari mulai empat GT sampai paling besar 28 GT sehingga perlu adanya pendalaman,” kata Siswo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *