CNN. Gempa bumi berkekuatan 5,7 magnitudo mengguncang daerah di dekat Kepulauan Bonin, Jepang, pada Selasa (4/1) pagi. Getaran akibat gempa ini terasa hingga gelas-gelas di rumah warga berjatuhan.

Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) melaporkan bahwa gempa ini mengguncang kawasan yang dikenal sebagai Kepulauan Ogaswara itu pada pukul 06.08 waktu setempat.

Menurut USGS, gempa ini terjadi di kedalaman 43,4 kilometer. Kepulauan itu sendiri terletak 1.000 kilometer di sebelah selatan area urban Tokyo.

Sementara itu, Badan Meteorologi Jepang menyatakan bahwa perangkat mereka mengindikasikan gempa yang mengguncang itu berkekuatan 6,3 magnitudo.

Sebagaimana dilansir AFP, Badan Meteorologi Jepang juga menyatakan bahwa tak ada kekhawatiran gempa ini dapat memicu tsunami.

Seorang pejabat lokal mengatakan kepada NHK bahwa hingga saat ini tak ada laporan kerusakan atau korban serius. Layanan listrik dan air pun tak terganggu. Namun, petugas masih menyelidiki lebih lanjut.

Sementara petugas melakukan penyelidikan, beberapa warga lokal melaporkan bahwa piring dan gelas berjatuhan dari rak atau meja di rumah mereka ketika gempa mengguncang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *