Lumajang, Portal Langit – Dampak erupsi Gunung Semeru di Jawa Timur membuat akses dari Lumajang ke Malang terputus.Jembatan Geladak Perak penghubung dua daerah ini putus akibat diterjang lahar dingin Gunung Semeru pada Sabtu (4/12) lalu.

Tim reporter SPMAA tv menyampaikan, akibat dari terputusnya geladak tersebut membutuhkan waktu tempuh 4 jam perjalanan dari kecamatan Pronojiwo menuju ke kecamatan Candipuro Lumajang. Biasanya bisa ditempuh dalam waktu 30 menit saja sebelum jembatan Geladak Parak itu terputus akibat erupsi Gunung Semeru ini.

” Karena jembatan ambrol, jadi harus memutar perjalanan 4 jam.” kata Mahmud, reporter spmaa.tv yang saat ini berada di lokasi.

Dia menambahkan kendaraan harus putar balik dari jalan nasional yang menghubungkan antara Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang tersebut, karena tidak ada jalur alternatif yang bisa digunakan oleh kendaraan bermotor. Sehingga relawan SANTANA SPMAA yang hendak memberikan bantuan kepada warga terdampak erupsi terpaksa harus memilih arus putar balik.

“Relawan di pronojiwo pun juga  tidak bisa ke candi puro. Begitupun sebaliknya.” Tambahnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun tim reporter spmaa.tv, arus lalu lintas di jalan raya Lumajang yang menuju Malang, dialihkan mengarah ke Probolinggo.

( IL )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *