Lumajang-Portalangit. Saat ini Gunung Semeru kembali memuntahkan lahar dingin pada Senin, 06 Desember 2021 tepatnya pukul 02.00 WIB.

Pada dini hari  BMKG memantau melalui Seismograf terdapat pergerakan terjadinya muntahan lahar dingin tersebut.

Hal ini mengakibatkan banjir lahar dingin di sungai Besuk Kobokan. Selain itu, muntahan lahar dingin memberi dampak berupa angin kencang yang mengakibatkan pepohonan sekitar tempat pengungsian banyak yang tumbang.

Sementara warga panik dan ketakutan karena angin kencang dan derasnya aliran sungai akibat lahar dingin tersebut. Para warga berbondong-bondong menuju tempat pengungsian yang berjarak sekitar 500meter dari pemukiman penduduk.

“Kaget, takut campur aduk habis dengar kabar tersebut langsung kabur pergi semua dari rumah menuju mobil evakuasi,” ujar ibu Nurul Hasanah salah satu warga Desa Sumberwuluh.

Kemudian tim relawan menenangkan dan menghimbau agar tidak panik, namun tetap waspada dan siaga.

Selanjutnya relawan Tim SANTANA SPMAA dengan segera mengevakuasi membersihkan pepohonan yang tumbang agar tidak mengganggu jalan.

“semoga lekas berlalu, semoga tidak terjadi apa-apa, semoga semua diberikan keselamatan,” harapan para pengungsi di posko Ds. Sumberwulu.

(Ima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *