Gempita Romadhon SPMAA seIndonesia

Denpasar – Portal Langit. Ramadhan selalu sarat dengan kekhasan yang dirindukan.  Begitu pula dengan Ramadha 1442H kali ini.

Berikut ini adalah liputan tentang  semarak dan gempitanya SPMAA se-Indonesia dalam mengisi bulan penuh berkah ini.

Adalah PERAMAH sebagai wadah   yang diharapkan bisa memaximalkan nilai ibadah dalam suasana ceria, penuh kesan dan sarat makna.

Setiap cabang SPMAA Se-Indonesia memiliki kepanjangan tersendiri dengan istilah PERAMAH ini.  Bagi SPMAA Pusat, PERAMAH memiliki kepanjangan Pekan Ramadha Anak Mikaffah.  Sementara di SPMAA Bali, PERAMAH adalah kepanjangan dari Pekan Ramadhan Anak Santri Dan Jamaah.  Sementara itu di SPMAA OKUS Palembang menyebutnya dengan PERAMAH RANCAK.

Di mulai dari PERAMAH yang di selenggarakan di SPMAA pusat pada tanggal 19 sampai dengan 23 April 2021. Beberapa  kegiatan yang di lakukan di dalam kelas juga di luar kelas di antaranya adalah,
Berbagi takjil ke masyarakat sekitar ds. Turi RT. 01 dan RT. 2 serta di ds. Bambang, tadarus bersama di beberapa rumah siswa, dongeng menjelang berbuka, sambang sepuh ke rumah sesepuh, susur tambak, buka bersama dan di tutup dengan mengundang para wali murid sebagai penutup acara pekan ramadhan anak tersebut.

Begitupula dengan kegiatan TPQ Azizah Turi dan TPQ Ruhullah SPMAA Pucangro, mengadakan berbagi takjil gratis di depan jalan untuk para pengendara yang berlalu lalang.

Berdekatan dengan kabupaten Lamongan, pos giat TPQ Ruhullah Surabaya juga mengadakan pondok ramadhan, buka bersama dan berbagi takjil gratis berupa 100 kolak kepada masyarakat.

Sedangkan di sebrang pulau jawa arah timur di SPMAA Bali, acara PERAMAH yang di selenggarakan pada  19 sampai dengan 24 April 2021 berjalan dengan suasana yang cukup berkesan.  Memanfaatkan kawasan rindang di bawah pepohonan dan tepi pematang sawah yang telah menguning keemasan menjadikan kegiatan outdoor PERAMAH SPMAA Bali semakin hidup dan semangat.

SPMAA Bali mengusung tema PERAMAH dengan tajuk  “Doktrin Mental Disiplin Menjadi Generasi Pejuang Agama dan Bangsa”.

 Dari tema tersebut maka terdapat 5 materi penting yang di fasilitatori oleh para ustadz dan ustadzah, di antaranya adalah : Nilai dasar SPMAA, Mengenali Dosa sejak dini, Cara mensyukuri Nikmat Allah dan menghitungnya, Hormat kepada Orang tua dan Ustadz, Memberikan barang yang di cintai.

materi tersampaikan dengan maksimal oleh para Ustad-ustadzah yang yang bertugas di SPMAA.
Selain membawakan materi untuk anak, para ustadz dan ustadzah juga bertanggung jawab menghandel seluruh kegiatan peserta dari bangun tahajud hingga naum.

Sampai di akhir puncak acara, diadakan penutupan acara PERAMAH yang di laksanakan di halaman pondok pesantren SPMAA Bali. Di hadiri oleh ketua yayasan SPMAA Bali dan para wali santri. Di sambut dengan tampilan kreatifitas dan seni ala kesantrian. Alhamdulillah bi idznillah acara berjalan dengan sukses.

Tak hanya di SPMAA Bali, SPMAA Oku Selatan juga sukses menggelar acara PERAMAH. Uniknya karena lokasi SPMAA Oku Selatan berada di puncak, maka di sebutlah PERAMAH RANCAK atau pekan ramadhan anak miikaffah ramadhan puncak. Sekitar 35 anak ikut berpatisipasi dalam progam PERAMAH RANCAK 2021 pada tanggal 12 april sampai dengan 19 april 2021 atau 29 Rajab sampai dengan 6 ramadhan 1442 H.

Selain kegiatan yang di lakukan  dalam lingkungan pondok pesantren, SPMAA Oku Selatan mempunyai  gerakan aksi lingkungan berupa jalan-jalan  ke danau Rakihan, sambil memungut sampah plastik di pinggir jalan sebagai aksi kampanye, ‘Jangan buang Sampah sembarangan’. Aksi social berupa , pembagian takjil gratis kepada pengguna jalan atau musafir, dan warga sekitar, sebanyak 250 paket.berpartisipasi dalam pembagian sembako 37 paket, kepada warga yang membutuhkan, sebagai bentuk pengamalan dari pembelajaran selama ini di bulan suci Ramadhan.

Sebagai penutupan acara PERAMAH RANCAK mengundang  para wali murid, jamaah, santri dan tamu undangan sebanyak 50 orang.  Para anak didik santri, menampilkan beberapa hal yang mereka dapat selama mengikuti kegiatan PERAMAH di SPMAA Okus.  Diantaranya, Menyampaikan TPB (Tiga Proyek Besar), Hafalan do’a sholat beserta arti, menghafal do’a sehari-hari dan hadits, Drama bahasa arab dan semende (bahasa daerah mereka), ngaji tilawah, dan Juz Amma.

Masih dalam pulau sumatera, SPMAA Riau mengadakan Pekan Ramadhan siswa siswi Maika dengan tema mencetak generasi agami ,bermindset ukhrowi, pecinta qur’ani, mengingat para siswa siswi Maika yang lebih banyak berdomisili diluar lingkungan pondok diharap para siswa siswi benar benar meresapi dan mendalami serta mempraktekkan ilmu yang di dapat dalam kehidupan sehari hari di komunitas keluarga maupun masyarakat sekitarnya.

SPMAA riau juga memiliki pos giat yang tergolong baru berada di Mako lahan 1. TPU yang bertugas juga turut menyemarakkan pekan ramadhan tahun ini dengan  adanya PERAMAH. Sederet kegiatan yang di selenggrakan di antaranya adalah,  mengadakan Bukber tiap hari bergilir dari rumah jamaah satu ke rumah yang lain. Di pekan selanjutnya terdapat kegiatan berbagi takjil sebanyak 150 dengan anggaran dana iuran per anak 10.00 lalu dibagikan ke warga dari rumah ke rumah.

Demikianlah kegiatan Ramadhan yang di laksanakan secara serentak di mabes SPMAA dan cabang cabang SPMAA se Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *