Magetan – Portal Langit.  Literasi seolah menjadi aktivitas yang nyaris tergerus tergantikan dengan gadget dan game.  Menyadari hal ini SPMAA Magetan hadir dengan program baru untuk menjawab tantangan ini.

Hadir dengan nama Taman Bacaan Masyarakat Lare Muchtary, yang berlokasi di SPMAA Magetan Jalan Pandan 04 kelurahan Bulukerto Rt.04/ Rw 01 Kecamatan Magetan Kabupaten Magetan Jawa timur. Gerakan membudayakan literasi ini dimulai.

Dalam wawancara terpisah Nurul Huda selaku kepala cabang SPMAA Magetan menyampaikan, Bahwa ide berdirinya taman bacaan ini muncul setelah melihat dan menyadari bahwa dunia literasi semakin  tergerus oleh hadirnya gadget dan game.  Sehingga motivasi literasi semakin menipis.  Juga diharapkan Taman Bacaan Masyarakat ini sebagai  forum diskusi dan kreatifitas anak.  Sehingga ide-ide cemerlang diharapkan bisa muncul dalam forum ini.

Selain sebagai wadah untuk menambah wawasan juga untuk mengalihkan perhatian anak dalam memegang Hp dan sejenisnya.

Taman Bacaan Masyarakat yang berdiri pada tanggal 12 Desember 2020 ini, sekarang sudah memiliki  kurang lebih 500 judul buku.  Terdiri dari buku cerita rakyat, Ilmu pengetahuan alam, buku Agama, sastra dan budaya,hingga buku sejarah dan biografi.  Serta aneka buku yang lain.  500 koleksi buku yang dimiliki oleh Taman Bacaan Masyarakat Lare Muchtary ini adalah swadaya  dan donasi dari SDN Bulukerto 2 Magetan.  Yang mana saat itu sekolah tersebut sedang menerima buku baru, sehingga buku yang lama didonasikan.

Taman Bacaan Masyarakat yang semula ditujukan sebagai fasilitas pelengkap TPQ Ruhulloh SPMAA Magetan, nyatanya tiap hari juga menerima kunjungan untuk khalayak umum. 85 santri TPQ tiap sore memanfaatkan Taman Bacaan Masyarakat ini di sela-sela waktu mengaji.  Sementara itu di jam yang lain pengunjung umum tetap  dipersilahkan untuk memanfaatkan Taman Bacaan Masyarakat ini dengan gratis tanpa dipungut biaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *