Malang-Portalangit. TPQ Ruhullah lembaga pendidikan Al-Quran dibawah naungan Yayasan SPMAA Malang Dampit mengadakan acara haflah akhirussanah pada Jum’at, 29 Maret 2024.

Selain acara haflah akhirussanah adapun kegiatan buka puasa bersama jamaah SPMAA cabang Malang Dampit dan masyarakat sekitar.

Kegiatan ini bertempat di Dsn. Sumberayu, Ds. Pamotan, Kec. Dampit, Kab. Malang, Jawa timur.

Sekitar 60 orang terdiri dari santri dan wali santri TPQ Ruhullah, jamaah SPMAA cabang Malang Dampit, dan masyarakat sekitar.

Haflah akhirussanah ini merupakan penutupan dari kegiatan mengaji santri TPQ Ruhullah yang akan libur pada bulan Ramadhan.

“Kegiatan di mulai jam 3 sore, dengan pensi dari santri TPQ Mulia dari hafalan juz ‘amma, lantunan asmaul husna, senandung Al-Fatihah, Mars SPMAA, pembacaan puisi, menari dan pidato TPB proyek satu yang di bawakan oleh ananda Lilla yang berusia 5 tahun.”tutur Ahmad Nur Aini, ustadz TPQ Ruhullah.

Hal yang menarik dari kegiatan ini yaitu Haflah akhirussanah ini merupakan kali pertama Yayasan SPMAA Malang Dampit menyelenggarakan dengan dikemas sedemikian rupa.

“Kami bersyukur karena ini kegiatan pertama kali, selain antusias dari para santri dan wali santri TPQ, juga ada pembacaan puisi yang di bawakan oleh ananda Naila yang penuh dengan penghayatan sampai membuat penonton menangis, juga ada tampilan dari ananda Lilla  yang baru berusia 5 tahun pidato menyampaikan TPB satu.”tutur Ahmad Nur Aini.

Kegiatan haflah akhirussanah diadakan setiap  tahun namun dikemas dalam bentuk sederhana, dan kali ini di kemas dalam bentuk lebih menarik.

“Alhamdulillah kami bersyukur karna kegiatan yang kami adakan ini berjalan lancar dan sukses. Serta para santri TPQ yang luar biasa dengan tampilan pensi yang baru pertama kali mereka lakukan.”ungkap Ahmad Nur Aini

Adapun prosesi penyerahan apresiasi berupa piala kepada santri teraktif, santri teladan, dan santri yang berhasil memenangkan lomba yang diselenggarakan saat kegiatan pekan Ramadhan.

“Kami memberikan piala juara satu dan dua santri teraktif selama 1 tahun, juara 1 dan 2 santri teladan selama 1 tahun, dan juara lomba-lomba pas pondok Ramadhan. Serta piala untuk setiap santri yang mengikuti giat pondok Ramadhan.”tutur Ahmad Nur Aini.

“Harapannya anak-anak akan jauh lebih semangat atas prestasi yang di raihnya, juga TPQ Ruhullah bisa lebih berkembang lagi kedepannya” harap Ahmad Nur Aini.

(Ima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *