Madu merupakan pemanis alami yang dihasilkan dari perut lebah. Seperti yang kita ketahui makanan utama lebah berasal dari sari pati (nectar) berbagai jenis tanaman.

Satu di antara khasiat madu adalah sebagai obat bagi manusia. Kita ketahui bahwa hewan lebah merupakan hewan yang diabadikan langsung didalam kitab Al-Qur’an  (Qs. An-Nahl: 68-69).

Dikutip dari tulisan Dr. Ir. Helmi Harus, MS (Dekan Fakultas Ilmu Pangan Halal Universitas Djuanda), ia mengamati beberapa sifat mulia dari lebah di antaranya;

  1. Lebah hanya memakan hal-hal yang baik saja
  2. Lebah adalah pengejar prestasi yang tinggi (high achiever)
  3. Lebah tidak akan mengambil sesuatu dari bunga tanpa memberikan manfaat kepadanya
  4. Lebah tidak akan merebut bunga yang telah berelasi dengan lebah yang lain
  5. Lebah tidak akan menuntut terlalu banyak dan tidak memberikan tekanan kepada makhluk lain (bunga)
  6. Lebah adalah makhluk sosial yang tidak iri satu sama lain
  7. Lebah adalah makhluk yang rendah hati
  8. Lebah memberikan manfaat pada komunitas yang lebih luas.

Khasiat Madu

Dalam hal ini Nabi Muhammad Saw juga menegaskan khasiat madu sebagai dijelaskan dalam hadist yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari: “Madu adalah penyembuh bagi semua jenis sakit dan Al-Qur’an adalah penyembuh bagi semua kekusutan pikiran (sakit pikiran). Maka aku sarankan bagimu kedua penyembuh tersebut, Al-Qur’an dan madu.”

Manfaat Madu

Kita ketahui bersama, bahwa madu memiliki banyak kandungan nutrisi dan vitamin. Berikut beberapa manfaat madu bagi kesehatan: meredakan batuk, menjaga kesehatan pencernaan, menyembuhkan luka, menjaga kesehatan mulut, mencegah pengerasan arteri, menjaga kadar gula dalam darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah, dan memperbaiki kolesterol.

Penelitian ilmiah menyebutkan bahwa madu lebah berperan penting dalam menghentikan pertumbuhan mikroba. Enzim di dalamnya dapat merangsang kesehatan tubuh manusia dan berfungsi meningkatkan zat antibodi untuk melawan penyakit yang menyerang.

Cara mengonsumsi madu

Penting sekali untuk mengetahui cara mengonsumsi madu yang benar agar memperoleh manfaatnya secara maksimal. Diantaranya dengan cara membatasi konsumsi madu harian.

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), satu sendok makan madu mengandung sekitar 64 kalori dan 17 gram gula.

Usahakan untuk menjaga asupan harian gula tambahan di bawah 100 kalori per hari bagi wanita dan 150 kalori bagi pria.

Madu dapat berperan sebagai antioksidan dan antibakteri, sehingga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Seorang ahli gizi dari Delhi, Anshul Jaibharat, merekomendasikan untuk mengonsumsi madu pada pagi hari untuk mendapat manfaat tersebut.

(Ima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *