Portalangit. berpuasa pada bulan Ramadhan merupakan ibadah wajib bagi umat muslim diseluruh dunia. Saat menjalankan puasa, tubuh membutuhkan nutrisi lebih untuk menjaga sistem kekebalan dan fungsi tubuh tetap terjaga.

Mengingat saat puasa harus menahan berbagai hawa napsu termasuk rasa lapar dan haus. Dengan kondisi demikian, tubuh kemungkinan tidak terhidrasi dengan baik.

Untuk itu, panduan atau tips menjaga kesehatan tubuh selama bulan Ramadhan menjadi penting untuk diketahui dan diterapkan.

Tips jaga kesehatan tubuh selama puasa di bulan Ramadhan:

  1. Sahur dengan baik.

Hindari melewatkan waktu makan, terutama saat sahur. Memakan makanan berkarbohidrat komplek saat sahur akan memberi energi yang tahan lama.

Selain itu, minumlah dengan porsi yang cukup. Anda bisa terapkan pola 242, yaitu minum dua gelas air putih pada saat sahur, empat gelas saat berbuka puasa dan dua gelas sebelum tidur malam. Dengan begitu, cairan pada tubuh tetap terpenuhi dengan baik.

  • Makan dengan tepat porsi.

Makanlah secukupnya saat sahur dan berbuka puasa. Makanlah dengan pelan-pelan saat berbuka puasa sebab ketika perut dalam keadaan kosong dan akan kaget jika anda makan dengan terburu-buru.

Anda bisa mengosumsi kurma, alpukat, atau sejanis buah lain sebelum makan makanan berat. Kemudian, makan jangan terlalu banyak di malam hari karena akan menyebabkan obesitas.

Selain itu, bagi orang yang menjalankan puasa sangat dianjurkan mengkonsumsi makanan dan minuman bersih, sehat, dan bergizi yang bisa menompang kebutuhan zat pada tubuh tetap terpenuhi di antaranya; mineral, protein, dan berbagai macam vitamin mulai dari vitamin C, D, dan E yang berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh, menyerap kalsium serta mineral, tetap menjaga kelembapan kulit, dan sebagai antioksidan.

  • Hindari makanan pedas, manis, dan digoreng.

Seringkali saat puasa dapat meningkatkan kadar keasaman lambung di perut yang menyebabkan rasa terbakar dan perut kembung. Hal tersebut bisa dihindari dengan mengonsumsi makanan kaya serat yang baik untuk kesehatan.

Untuk itu, penting menghindari makanan yang digoreng, makanan yang sangat pedas, makanan asin, dan makanan yang mengandung terlalu banyak gula.

  • Hindari minuman kafein.

Minuman dengan kandungan kafein tinggi, seperti kopi, teh, coklat, dan soda sebaiknya dihindari. Kafein menyerap kalsium dari sistem tubuh, yang membuat anda merasa kurang kenyang sepanjang waktu.

Hindari minum the saat sahur, karena bisa meningkatkan ekskresi garam dalam urin yang dibutuhkan  tubuh anda selama berpuasa. minuman yang ideal adalah air putih.

  • Olahraga ringan

Masih banyak orang yang beranggapan kalau berolahraga saat berpuasa takut badan menjadi lelah, pegal-pegal, lemas, dan sebagainya. Padahal dengan melakukan olahraga, badan akan terasa lebih segar, bugar, dan tentunya daya tahan tubuh tetap terjaga.

kamu tidak perlu melakukan olahraga yang berat, cukup yang ringan saja, seperti peregangan tubuh, yoga, jalan, dan sebagainya. Akan lebih baik, jika olahraga dilakukan dengan rutin di pagi hari.

  • Menjaga pola tidur

Atur waktu istirahat dengan cukup karena terlalu banyak aktivitas tanpa istirahat juga akan membuat daya tahan tubuh menjadi cepat lelah. Oleh karena itu, kamu harus pandai mengatur waktu agar aktivitas, beribadah, dan istirahat yang cukup bisa seimbang sehingga puasa akan berjalan dengan lancar.

  • Menghindari rokok adalah salah satu cara yang  bijak menjaga kesehatan tubuh saat berpuasa. selain itu, bulan Ramadhan juga adalah waktu yang tepat untuk mencoba menghentikan kebiasaan merokok.

Sehingga kesehatan tubuh tetap terjaga serta terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh rokok.

(Ima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *