Pelatihan Literasi PAUD SD di cabang SPMAA Kepulauan Riau. Berlokasi di SPMAA Batam, Jl. Trans Barelang, Jembatan Lima, Simpang Dapur Tiga, Kelurahan Sijantung, Kecamatan Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau.

Hari Rabu (6/12) hingga Kamis (7/12) tahun 2023. Dr. Sumarti M Thahir, M.Pd. Staf ahli Kemendiknas dan kepala bidang literasi Yayasan Bening Indonesia sebagai narasumber.

Peserta pelatihan Literasi yang diselenggarakan oleh tim SPMAA Batam diikuti oleh para ustadz dan ustadzah (Guru) yang bertugas di Kepulauan Riau. Tim yang bertugas di SPMAA cabang Bintan, posgiat Air Raja, posgiat Pulau SPMAA dan posgiat Dapur Tiga, merapat ke Mako SPMAA Pulau Galang. Jumlah total peserta sebanyak 22 orang.

Pelatihan Literasi dimulai bakda Dzuhur, jam 13.00 wib. Pelatihan ini berjalan selama dua hari. Dibuka oleh Gus Hafidh SKPM selaku Pembina Yayasan SPMAA Batam dengan memberikan pengarahan sebelum mulainya kegiatan.

Dan dilanjutkan pemaparan materi, tentang miskonsepsi membaca, kompetensi dan perkembangan literasi guru, Konsep Literasi dalam Al Qur’an, hingga materi Konsep Literasi secara umum oleh Sumarti.

Sumarti menekankan pada paparan materinya; “Membaca itu bukan sekedar hobi atau kegemaran, tetapi membaca itu adalah perintah!”.

Beberapa tugas praktek, mulai dari proses pemrofilan diri dengan menuliskan sedikit tentang diri dalam waktu yang ditentukan, stimulasi auditori dengan mendengarkan lagu setelah itu memberikan tanggapan dengan lisan, membuat tulisan berupa quote, dan menghubungkannya dengan ayat.

“Peningkatan kualitas untuk kemampuan membaca. Membuka kesadaran, bahwa tidak hanya pelajar dan orang pendidikan yang membutuhkan literasi, tapi seluruh aspek bidang juga membutuhkan literasi. Merasakan manfaatnya.” tutur Musliha

Juga peningkatan kualitas kemampuan membaca, dengan teknik SQRRR. Survey, Question, Read, Recite, Review.

“Harapan kami dengan adanya pelatihan ini, dapat menambah referensi dan rujukan Staff atau Tim SPMAA Batam dalam berliterasi. Dan kepada Yayasan Bening Indonesia, kami ingin kolaborasi ini memiliki target kontinu, baik didalam maupun diluar kelas, dalam implentasi materi literasi,” Ungkap Daffa selaku panitia Acara.

Pada kehadiran Dr. Sumarti di SPMAA Batam kali ini, menjadi kunjungan ketiga baginya. Setelah sesi pelatihan rampung, beliau mengunjungi SPMAA Posgiat Dapur Tiga dan beberapa spot destinasi di Pulau Galang bersama Tim SPMAA Batam.

(Daff)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *