Sumatera Selatan-Portalangit. Mentoring Syudesi (Syukur Design Prestasi) di Wilayah Oku Selatan dan peletakan batu pertama berlokasi di SPMAA Puncak Tenggalingan Muara Sindang Ilir, Kec. Sindang Danau, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Sumatera Selatan. Dimulai pada hari Jum’at (1/12) hingga Ahad (3/12) tahun 2023.

Peserta mentoring Syudesi yang bertempat di SPMAA cabang Oku selatan, dihadiri lebih dari 65 lima orang. Peserta datang dari beberapa posgiat sekitar, diantaranya Pulau Beringin,  Muara Sindang Ilir, Muara Sindang Tengah, Ujan Mas dan Sadau.

Beberapa dari peserta adalah pegawai negeri sipil, yang mengikuti mentoring Syudesi.

Acara ini dimulai pada hari Jum’at, tepatnya jam Sembilan pagi tepat. Pelatihan ini berjalan selama tiga hari. Hari pertama diisi dengan pembukaan dipagi hari dan langsung dilanjut materi.

Pemateri tunggal, Gus Hafidh SKPM sebagai Pembina Yayasan SPMAA Pusat sekaligus Pimpinan Utama Yayasan SPMAA Batam.

Sesuai dengan tema, mentoring ini menekankan pada makna dan implementasi dari syukur. Mendesign rencanan aksi dengan mem visualisasikan apa yang menjadi fokus tiap peserta. Sekilas tentang bagaimana mencapai prestasi dan tingkatan prestasi yang dapat digapai bagi tiap-tiap peserta mentoring Syudesi dan santri SPMAA khususnya.

Terdapat sesi pemaparan oleh fasilitator, beberapa permainan alat bantu, sesi diskusi kelompok. Dimulai dari kelompok kecil yang terdiri dari dua peserta, hingga kelompok yang lebih besar yang terdiri dari lima hingga tujuh peserta. Selain itu juga ada sesi bersandiwara, setiap kelompok menampilkan drama singkat. Membuat peserta mudah memahami  materi meski banyak materi yang diberikan dengan waktu singkat. Juga sesi tanya jawab, membuat interaksi antara fasilitator dan peserta jadi hidup tidak hanya monoton didominasi oleh fasilitator.

Kegiatan ini juga didampingi langsung oleh Gus Adhim selaku Pimpinan cabang SPMAA Oku Selatan, dan juga sebagai co-mentor. Disetiap akhir sesi, Gus Adhim akan memberikan review sekaligus penekanan dari inti yang telah disampaikan oleh Gus Hafidh.

Di hari terakhir, ketua pembangunan gedung Madrasah meminta Gus Hafidh untuk menjadi peletak batu pertama dalam pembangunan gedung tersebut. Tepat pukul jam delapan pagi, disaksikan oleh para peserta mentoring SYUDESI, peletakan batu pertama oleh Gus Hafidh.

Kemudian disusul oleh Gus Adhim, perwakilan kepala Madrasah Oku Selatan, perwakilan guru Madrasah Okus, perwakilan murid Madrasah Okus serta perwakilan wali murid Okus.

Setelah acara peletakan batu pertama, semua kembali ke kelas untuk melanjutkan materi Syudesi, dan ditutup dengan ikrar tiap peserta, dilanjut membacakannya di depan semua yang hadir.

“Saya sangat antusias.  Saya menangis terharu dan sangat berayukur. SPMAA benar-benar keren, para Kotama benar-benar guru yang patut ditiru, diteladani dan benar-benar guru dunia-akhirat,”ungkap Deti, peserta mentoring Syudesi.

Yang bisa dilakukan pasca mengikuti materi Syudesi ini. “Lebih aktif dan semangat mengikuti seluruh Kegiatan SPMAA.”

(Daff)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *