Ngawi-Portalangit. Santri Tanggap Bencana (SANTANA) SPMAA Ngawi menggelar aksi membersihkan puing-puing sisa kebakaran bangunan rumah warga Dusun Suren, RT 03/RW 04, Ds. Pandean, Kec. Karanganyar, Kab. Ngawi Jawa Timur.

Kebakaran yang terjadi akibat korsleting listrik pada Senin, 28 Agustus 2023 pukul 23.00 WIB ini telah menghanguskan enam bangunan rumah milik Totok Eko dan Supir. Dengan mengerahkan dua unit firedome, kobaran api berhasil dipadamkan pada Selasa, 29 Agustus 2023 pukul 03.05 WIB.

“Diduga penyebab utama kebakaran dari korsleting listrik dari ruang tengah saat penghuni rumah sedang ada kepentingan dirumah orang hajatan.” tutur Nizun Hidayat, ketua SANTANA SPMAA Ngawi.

Kerugian yang dicapai di antaranya: uang tunai sekitar 180 juta, material sekitar 270 juta, dan pupuk seberat 1 ton.

Selanjutnya pada Kamis, 31 Agustus 2023 sebanyak 34 relawan SANTANA SPMAA Ngawi bekerja sama dengan unsur pentahelix (Kepala Desa, Kasun, RT, warga sekitar, komunitas remaja PSHT dan IKSPI) ikut berpartisipasi dalam kerja bakti pembersihan puing-puing material seperti; kayu, genting, dan perabotan yang terbakar.

“Pada kegiatan kerja bakti ini SANTANA yang hadir yaitu SANTANA putra 20 orang dan srikandi SANTANA 14 orang.” tutur Nizun Hidayat, ketua SANTANA SPMAA Ngawi.

Semangat gotong-royong dan partisipasi masyarakat dalam membantu membersihkan sisa kebakaran tersebut nampak kompak dan saling bekerja sama.

Terdapat bangun bekas warung di depan bangunan yang terbakar tersebut sementara waktu digunakan untuk tempat tinggal.

“Ada tersisa warung di depan rumah itu yang tidak terbakar, kemudian dibangun sebelah warung itu untuk dapur sementara, dan bangunan warung tersebut untuk tempat tinggal sebelum membangun rumah lagi.” jelas Nizun.

(Ima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *