Lombok-Portalangit. Menurut BMKG terpantau telah terjadi gempa pada Selasa, 29 Agustus 2023 pukul 03.55.32 WITA di wilayah Laut Jawa (Utara Lombok).

Sementara hasil analisis BMKG menunjukkan gempa magnitudo M=7,4 ini memiliki parameter update M=7,1 pada koordinat 6,94° LS ; 116,57° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 163 km arah Timur Laut Lombok Utara, NTB pada kedalaman 525 km.
 
“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa ini merupakan jenis gempa dalam (deep focus) akibat adanya aktivitas slab pull (tarikan extensional Lempeng Australia ke bawah) pengaruh gaya gravitasi,” ungkap Kepala BMKG Stasiun Geofisika Mataram, Ardhianto Septiadhi.

Adapun berdasarkan analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini memiliki mekanisme pergerakan kombinasi pergerakan mendatar turun (oblique normal).
 
Gempa bumi ini dirasakan di Kuta  dengan skala intensitas V MMI (Getaran dirasakan hampir semua penduduk, orang banyak terbangun), Gianyar, Denpasar, Waingapu, Lombok, Sumbawa intensitas IV MMI (Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah), Karangkates intensitas III – IV MMI (Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah), Banjarmasin, Kuta Selatan, Tabanan intensitas III MMI ( Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu), Trenggalek intensitas II-III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut.

“Dan hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami,” jelasnya

Hasil monitoring BMKG, hingga pukul 04.22 WITA, menunjukkan adanya 2 gempa susulan (aftershock)  dengan Magnitudo M=6,1 dan M=6,5.
 
“Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaran,” imbaunya. 

Selain itu, gempa bumi dengan magnitudo 7,4 juga mengguncang Tanahbumbu Kalimantan Selatan pada Selasa , 29 Agustus 2023. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa itu terjadi pada pukul 02.55 WIB.

Pusat gempa berada di koordinat 4,38 Lintang Selatan dan 116,9 Bujur Timur, atau 180 kilometer di Tenggara Tanahbumbu.

Gempa di Tanahbumbu getarannya juga terasa hingga Karangkates, Kuta Selatan, Tabanan dengan III skala MMI, kemudian Trenggalek, Bantul, dan Blitar dengan II skala MMI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *