Denpasar-Portalangit. Sebanyak lima penumpang kapal selam wisata bangkai Titanic dinyatakan tewas pada Kamis, 22 Juni 2023.

Pernyataan itu diumumkan OceanGate Expeditions, perusahaan yang menjalankan perjalanan tersebut, usai puing-puing kapal bernama Titan itu ditemukan.

“Kami sekarang percaya bahwa CEO kami, Stockton Rush, Shahzada Dawood putranya Suleman Dawood, Hamish Harding, dan Paul-Henri Nargeolet, sayangnya telah hilang,” demikian pernyataan OceanGate dikutip CNN, Jumat, 23 Juni 2023

Direktur Operasi Pemulihan dan Rekayasa Laut Angkatan Laut Amerika Serikat Paul Hankins mengatakan tim pencarian menemukan lima potongan besar puing-puing Titan pada Kamis.

Puing pertama adalah muncung kapal yang terletak di luar lambung tekanan. Puing kedua yaitu puing-puing besar bagian belakang dari lambung kapal.

“[Puing kapal Titan ditemukan] lebih dari 200 meter dari bagian haluan Titanic,” kata Coast guard pantai AS Laksamana Madya John Mauger, seperti dikutip CNN, Jumat, 23 Juni 2023

Seorang pejabat senior Angkatan Laut Amerika Serikat mengatakan kepada CNN bahwa pihaknya mendeteksi tanda akustik yang konsisten dengan ledakan pada Minggu, 18 Juni 2023 di area umum tempat kapal itu menyelam dan kehilangan komunikasi dengan kapal induknya.

Angkatan Laut pun menyampaikan informasi itu kepada komandan di lokasi pencarian. Informasi itu lalu digunakan untuk mempersempit area pencarian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *