Lamongan-Portalangit. Pada Minggu, 28 Mei 2023 terhitung hari ke 2 berlangsungnya kegiatan Workshop Nasional Cabang SPMAA 2023 di Yayasan Ponpes SPMAA Lamongan.

Sebanyak 500 peserta berhasil mengikuti giat rangkaian paralel  workshop  nasional cabang SPMAA yang dikemas dalam tiga kelas diskusi yaitu kelas pendidikan, sosial, dan lingkungan hidup yang dikembangkan menjadi sembilan materi  di antaranya;

  1. Materi “Tantangan dan Potensi Energi Terbarukan Abad 21,” Ir. Tato Miraza,S.E., M.M. (Direktur Utama PT. Antam 2013-2025) sebagai pemateri, bertempat di Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dengan diikuti sebanyak 78 peserta.
  2. Materi “Pemberdayaan Ekonomi Umat Melalui Socia-enterpreneur,” KH. Habibul Amin sebagai pemateri, bertempat di Aula Dinas Ketenagakerjaan dan Perindustrian dengan diikuti 96 peserta.
  3. Mater “Seminar dan Lokakarya Kesiapsiagaan Bencana dan Urgensi Perancis Pentahelix, ” Drs. Pangarso Suryotomo sebagai pemateri, bertempat di Aula Dinas Ketenagakerjaan dan Perindustrian dengan diikuti 59 peserta.
  4. Materi “Perlindungan Anak Wanita dan Lansia,” Dr. Ir. Pribudiarto Nur Sitepu, M.M sebagai pemateri, bertempat di Aula Dinas Ketenagakerjaan dan Perindustrian  dengan diikuti 100 peserta.
  5. Materi “Kebijakan Pendidikan Formal di Era 5.0,” Debby Kurniawan (anggota DPR RI Komite X Bidang Pendidikan) sebagai pemateri, bertempat di Aula Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Lamongan dengan diikuti 69 peserta.
  6. Materi “Peran Pesantren Sebagai Frontliner Pendidikan Non Formal,” Rahmawati, M. M (Kemenag RI) sebagai pemateri, bertempat di Aula Dinas Kearsiapan dan Perpustakaan dengan diikuti 106 peserta.
  7. Materi “Isu Hijau Pengelolaan Sampah dan Globlal Warming,” Ana Suryana, S.Sos. (Dosen Tamu KLHK Pusat) sebagai pemateri, bertempat di Aula Dinas PMD Lamongan dengan diikuti 75 peserta.
  8. Materi “Kepeloporan Profetik Kaum Cilik Dalam Pelestarian Alam,” Sadiman (tokoh inspirasi penghijauan alam asal Wonogiri) sebagai pemateri, bertempat di Aula Dinas PMD Lamongan dengan diikuti 71 peserta.
  9. Materi “Madrasah Keluarga Sebagai Care Pendidikan Informal Umat,” Prof Ir. Daniel M Rosyid, M. Phil., Ph. D., MRINA (Direktur Rosyid College Of Art and Maritime Studies) sebagai pemateri, bertempat di Aula Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Lamongan dengan diikuti 63 peserta.

Masing-masing peserta memilih tiga kelas untuk ikut serta dalam bimbingan diskusi tersebut.

Para pemateri diatas sangat menginspirasi dengan harapan para peserta dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat ketika kembali ke tempat penugasan di cabang SPMAA.

“Saya mengambil pelajaran bahwa santri harus bisa kerja tidak mengandalkan orang lain dan mandiri secara ekonomi dan kreasi, baik enterpreneur maupun sosioprener itu sama-sama penting  karena santri harus bisa bermanfaat bagi umat,” tutur FarisF, Delegasi cabang SPMAA Surabaya.

Para peserta sangat bersemangat dan antusias mengikuti materi yang telah mereka pilih, terwujud  ketika peserta mengikuti materi dalam kelas dan sesi tanya jawab.

(Ima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *