Denpasar-Portalangit. Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Hasanuddin (Unhas), Ferdi dan Zidan Nadif Ramadhan berhasil meraih medali perak di ajang Olimpiade Matematika di Rusia.

Kedua mahasiswa tersebut berhasil meraih medali perak pada ajang North Countries Universities Mathematical Competition (NCUMC) yang dilaksanakan di Rusia pada akhir Maret 2023. Dilansir dari cnnindonesia.com.

“Lomba ini kami ikuti secara daring dan mengikuti dua kategori lomba, individu dan tim. Tapi untuk tim, kami menempati peringkat tujuh,” kata Ferdi, Rabu (10/5).

Lomba yang diikuti kata Ferdy hanya terdiri dari satu tahap tes. Setelan itu, juri kemudian mengeluarkan perolehan nilai dan melakukan pemeringkatan.

Ferdy mengaku dirinya tak punya persiapan khusus untuk mengikuti Olimpiade Matematika tersebut lantaran dirinya juga tengah bersiap mengikuti Olimpiade Nasional MIPA.

Akan tetapi, mahasiswa angkatan 2020 ini mengaku sangat senang bisa mendapatkan pengalaman dan latihan di ajang internasional tersebut.

“Tantangannya adalah lomba ini kami ikuti secara daring sehingga kurang tertantang. Mungkin ke depannya kampus bisa mewadahi kami untuk mengikuti kompetisi tersebut secara luring di Rusia,” ungkapnya.

Selama mempersiapkan mengikuti Olimpiade Matematika tersebut, kata Ferdy dirinya banyak mendapatkan bantuan dari para dosen pembimbing dari Departemen Matematika Fakultas MIPA.

“Para alumni juga senantiasa membantu kami dalam mempelajari materi Olimpiade yang sebagaimana kita tahu kalau materi Olimpiade lebih tinggi dibandingkan materi kelas,” imbuhnya.

Ferdi berharap, ke depan Unhas dapat terus memberikan dukungan baik dari segi finansial maupun dari segi pembinaan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *