Malang-Portalangit. Yayasan Ponpes SPMAA Lamongan ikut bergabung dalam kegiatan Sosialisasi UU No. 23 tentang PSDN untuk Pertahanan Negara bertempat di Gedung Binayudha Lanud Abd Saleh Malang pada Jum’at, 20 Januari 2023.

TNI AU. Malang. Lanud Abd. Komandan Lanud Abd Saleh Marsma TNI Zulfahmi S.Sos., M.Han membuka secara resmi kegiatan tersebut.

Perwakilan dari Ponpes SPMAA Lamongan dihadiri 5 orang yaitu Heri Suratman, Adib Yahya, Imam Mahrul Hidayatullah, Sohibul Anwar, dan Indra Maulana.

Dalam sambutannya Danlanud menyampaikan, “Sosialisasi ini merupakan salah satu upaya, untuk memberikan pemahaman dan menyamakan visi serta persepsi sehubungan dengan Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk pertahanan negara diantaranya dilaksanakan melalui pembentukan komponen cadangan sesuai UU Nomor 23 Tahun 2019,” ucap Danlanud.

Diakuinya bahwa pertahanan negara tidak cukup ditangani hanya militer saja, kita banyak mempunyai sumber daya. Hal ini sudah diwadahi dengan UU No 23 tahun 2019, untuk dapat memberdayakan semua sumber daya yang nantinya dijadikan komponen cadangan maupun pendukung yang sewaktu-waktu dapat dimobilisasi untuk memperkuat komponen utama yaitu TNI (AD,AL,AU). Mengingat fungsi dari komponen cadangan adalah untuk mendukung dan memperkuat komponen utama maka tugas kita sebagai komponen utama yang terkait untuk menyiapkan komponen-komponen cadangan tersebut untuk memperkuat masing-masing matra sehingga nantinya akan dapat membantu masing-masing matra dalam pelaksanaan tugasnya pada saat mobilisasi.

Kegiatan sosialisasi ini hadir Para Pejabat Lanud Abd Saleh dan diikuti perwakilan dari PT. Sari Bahari Malang, UPT Bandara Abd Saleh, PT Avia Citra Dirgantara, PT. Pindad Turen, SPMAA Lamongan, Saka Dirgantara Malang, UKM Biru Flying Club UMM, Ponpes An-Nur Malang, Kesbangpol Malang, SMK Penerbangan .

Selanjutnya dalam sambutan Direktur Bela Negara Ditjen Pothan Brigjen TNI Sarwono, B.Sc., S.I.P., PSC dalam paparannya menyampaikan pembentukan komponen cadangan dan komponen cadangan bertugas membantu komponen utama Angkatan Darat, Laut dan Udara pada saat mobilisasi. Untuk tahap pendaftaran Komcad sampai dengan masa pengabdian, peraturan pelaksanaan UU pembentukan Komcad dan pelaksanaan seleksi Komcad yang dibuka dari tanggal 2 Januari sampai dengan 14 April 2023 dengan alokasi 2500 orang terdiri Matra Darat 1500 orang, Matra Laut 500 orang, Matra Udara 500 orang, paparan disampaikan oleh Kasubdit Pembentukan dan Pembinaan Komcad Kolonel Kav Ferry Firmansyah, S.H.

Semua peserta sosialisasi ini nampak sangat antusias dalam mengikuti materi yang disampaikan.

“kegiatan Sosialisasi ini banyak manfaat, dan ilmu baru yang didapat tentang hal dan kewajiban sebagai warga negara. Selain itu juga ilmu disiplin tersampaikan dalam sosialisasi ini,” ungkap Heri Suratman perwakilan SPMAA.

‘untuk siapa pun dapat mengikuti sosialisasi ini untuk membuktikan atau menyalurkan bentuk rasa cinta tanah air.” Tambahnya.

(Ima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *