Sidoarjo-Portalangit. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Meteorologi Kelas I Juanda, Sidoarjo telah menggelar workshop sinergitas penanggulangan bencana Jawa Timur pada Kamis, 08 Desember 2022.

“Kami mengundang seluruh relawan Jawa Timur untuk sosialisasi kondisi Hidrometeorologi kebencanaan yang perlu diantisipasi saat ini,” Kata Taufiq Hermawan Kepala Stasiun Meteorologi Kelas I Juanda, Sidoarjo.

Menurut data yang diperoleh sebanyak 40 organisasi mitra Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) dari 38 Kabupaten atau Kota Di Jawa Timur, satu diantaranya yakni SANTANA SPMAA Lamongan.

Workshop diselenggarakan di Hotel Premier Palace, Jl. Raya Bandara Juanda No. 73, Semawalang, Semambung, Kec. Gedangan, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur.

Kepala Stasiun Meteorologi Kelas I Juanda, Sidoarjo Taufiq Hermawan secara langsung membuka acara workshop dengan menyajikan beberapa materi, satu diantaranya kesiapsiagaan bencana Hidrometeorologi di wilayah Jawa Timur.

Stasiun Geofisika Tretes, Pasuruan. Mitigasi Kebencanaan di Jatim oleh Dino Andalananto dari BPBD Jatiim, serta Upaya Pencarian dan Pertolongan dalam Mitigasi Bencana dari Kepala Basarnas Surabaya,  Hari Adi Purnomo.

“Materi yang diberikan semuanya penting dan bagus untuk dicermati para relawan. Semuanya semangat mengikuti kegiatan ini,” ungkap Koordinator SRPB Jatim, Dian Harmuningsih, didampingi Koordinator Bidang Kemitraan, Aslichatul Insiyah.

Menurut Dian, kegiatan ini sangat penting bagi relawan. Pasalnya, materi-materi yang diberikan bisa untuk bekal mengabdi. “Selain itu perlu disebarkan ke masyarakat terdekatnya, yaitu keluarga,” imbuhnya.

Workshop ini juga untuk membangun sinergi antar relawan yang tergabung dalam SRPB Jawa Timur, yang merupakan kegiatan lanjut dari kegiatan pertama bersama relawan Surabaya.

“Dengan harapan para relawan sudah memiliki kader-kader untuk mengundang kami dalam kegiatan edukasi kecuacaan, bencana Hidrometeorologi. Sehingga semua dapat merasakan edukasi kebencanaan Hidrometeorologi dari BMKG,” ungkap Taufiq Hermawan.

(Ima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *