Lamongan-Portalangit. Pelatihan Terima Kasih telah digelar di beberapa wilayah cabang SPMAA. Kini pelatihan Terima Kasih kembali diselenggarakan di Yayasan Pondok Pesantren SPMAA Lamongan pada Senin, 12 Desember 2022.

Bertempat di gedung Madrasah Aliyah Ruhul Amin, Ponpes SPMAA Lamongan, Ds. Turi, Kec. Turi, Kab. Lamongan, Jawa Timur. Diikuti sebanyak 85 peserta  jamaah SPMAA Lamongan.

Acara diawali dengan pembukaan, pembacaan ayat suci Al-Quran, dan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars SPMAA. Kemudian dilanjut penyampaian materi.

Gus H. Ashabun Na’im, S.E. sebagai pemateri dalam pelatihan tersebut menyampaikan terima kasih adalah ungkapan seorang manusia yang telah merasakan atas sebuah nikmat atau karunia pada suatu kondisi sehingga terungkap kalimat “terima kasih” baik dalam ucapan perasaan, maupun sikap memberi balasan kebaikan yang bersifat basic instinct .

Adanya pelatihan Terima Kasih ini memberikan wawasan baru kepada peserta mengenai makna kalimat terima kasih.

“Sebelum pelatihan saya masih merasa kalau yang menerimalah yang harus berterima kasih, tapi setelah menerima materi  saya berpikir dan terkesan ternyata yang memberi juga harus berterima kasih,” ungkap Ida Handayani peserta pelatihan.

Selain itu dalam materi juga menyebutkan terdapat tiga alasan penting terima kasih diantaranya, bentuk paling sederhana untuk bersyukur, membawa positif bagi diri sendiri, orang lain merasa lebih dihargai.

“harapan semoga kami semua dapat menerapkan dalam kehidupan. Semoga SPMAA Lamongan diprioritaskan dan dipercaya kembali untuk mendapat pelatihan selanjutnya,” ungkap Ida Handayani.

(Ima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *