Ngawi-Portalangit. Siswa TK Pancasila Muchtary 1 pada Sabtu, 29 Oktober 2022 materi pembelajaran telah sampai pada tema “Lingkunganku.”

Pengenalan macam-macam sayur disekitar menjadi sub topik dalam pembelajaran melalui metode setiap siswa membawa beberapa jenis sayur dari rumah.

Materi ini berlangsung di dalam kelas, para siswa dengan antusias mengenalkan sayur yang mereka bawa kepada temannya.

Menurut data ada beberapa jenis sayur yang dikenalkan diantaranya, sayur daun kelor, daun meniran, daun pepaya, daun ubi rambat, daun singkong, kangkung, bayam merah, bayam hijau, sawi putih, sawi pakcoy, sawi hijau, terong kopek, terong ungu, terong lalap, terong cokak, koro, kobis, seledri, wortel, kemangi, kenikir, bunga pepaya, kacang panjang, dan tomat.

Pembelajaran ini berhubungan dengan program stimulasi enam bidang perkembangan anak usia dini, diantaranya mengenal ciptaan Allah SWT, bersyukur dengan ragam sayuran, mampu membedakan ciptaan Allah dan buatan manusia.

Siswa mampu bercerita pengalaman mengenal sayuran, mampu menghitung dengan media sayuran, mampu menyebutkan jenis dan mengelompokkan, saling berbagi dengan teman, senantiasa berterima kasih, dan memahami manfaat sayuran untuk kesehatan.

“Planing selanjutnya pada bulan November kita akan mengadakan bazar sayuran dan menanam sayur, kemudian dikumpulkan dan dibagikan kepada masyarakat sekitar,” ungkap Nurul Hidayah, guru TK Pancasila Muchtary 1.

Setelah pembelajaran selesai, para siswa menukar sayur dengan temannya. Hal ini sebagai upaya meningkatkan jiwa solidaritas dan membiasakan hidup rukun.

(Ima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *