Batam-Portalangit. Rabiul awal atau sering disebut bulan maulid adalah bulan lahirnya Nabi Muhammad SAW. yang di peringati oleh sebagian besar umat beragama Islam diseluruh dunia.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. tahun 1444 Hijriah, telah selesai dilakukan di Yayasan Pondok Pesantren SPMAA Batam pada Minggu, 16 Oktober 2022.

Dihadiri oleh Gus H. Khosyi’in Koco Woro Brenggolo, dan Gus Basyirun Adhim sebagai pengisi pengajian majelis akbar.

Kepala kelurahan Sijantung, kolega SPMAA Batam, santri SPMAA dari Singapura, dan seluruh santri beserta jamaah SPMAA Pulau Galang, Pulau Dapur Tiga, Pulau Bintan, dan Pulau Air Raja ikut serta menyemarakkan majelis tersebut.

Total yang hadir sebanyak 250 orang. Majelis peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. bersama jamaah dan santri SPMAA Batam ini bertema “kehidupan Nabi yang lahir ke bumi harus dijadikan model hidup para santri dengan penduduk bumi.”

Diawali dengan pembukaan, pembacaan surah Al-Mulk, pembacaan Asmaul Husna, dan dilanjut dengan sambutan Gus Basyirun Adhim sebagai Deputi program Yayasan SPMAA se-Indonesia.

Dalam sambutan Gus Basyirun Adhim memperkenalkan diri, dan menyampaikan arti dari almamater yang dikenakan oleh para santri dan juga TPU.

Dilanjut penampilan gerak dan tari sholawat Badar dan Ya Nabi ‘Aaika, penampilan sholawat Mahalul Qiyam, Thola’al Badru, dan Marhaban Ya Syaahrol Anwar dengan diiringi tabuhan kompang.

Sambutan kepala kelurahan Sijantung, dan ditutup dengan penyampaian tausiah dan do’a oleh Gus H. Khosyi’in Koco Woro Brenggolo.

Selanjutnya seluruh tamu undangan diperkenankan makan bersama. Setelahnya, Gus Basyirun Adhim mengajak seluruh undangan untuk bersholawat bersama dengan diiringi alat musik kompang.

Diakhir acara terdapat kuis berhadiah bagi para santri TPQ Ruhullah SPMAA Batam, dengan pertanyaan sebanyak 20 soal dari Chadijah. Apabila santri berhasil menjawab pertanyaan dengan benar, memperoleh hadiah berupa uang tunai.

(Ima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *