CNN. Kecelakaan menimpa perahu rafting yang membawa 10 turis asing di Sungai Ayung, Banjar Tanggayuda, Desa Kedewatan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali pada Senin (3/10).

Kecelakaan terjadi saat mereka sedang melakukan rafting atau arum jeram di sungai tersebut. 

Polisi menyatakan dari 10 warga asing tersebut, satu orang bernama Robinaugh Clifford Neil (64) asal USA belum ditemukan hingga sekarang.

“Telah hilang seorang warga negara asing saat melakukan rafting,” kata Kapolsek Ubud Kompol I Gusti Ngurah Yudistira, Senin (3/10) malam.

Ia mengatakan kecelakaan itu terjadi pada pukul 12.30 WitA. Saat itu, korban bersama rekan lainya diberikan pengarahan oleh life guard tentang keselamatan dan memakaikan standar pengamanan, seperti jaket pelampung serta helm.

Kemudian, semua peserta diangkut menggunakan mobil menuju area start di Banjar Begawan, Kecamatan Payangan, Gianyar.

Selanjutnya, kegiatan arum jeram dimulai seperti biasa dan diperjalanan mereka sempat beristirahat di rest area. Setelah istirahat di rest area mereka kembali melanjutkan perjalanan dan tidak lama kemudian tiba-tiba volume air menjadi tinggi dan arus menjadi sangat deras yang menyebabkan salah satu perahu terbalik.

Kemudian, pada saat perahu terbalik para peserta rafting memegang perahu yang ada di depannya. Namun perahu tersebut juga terbalik yang menyebabkan 12 orang bersama guide seluruhnya terjatuh ke aliran Sungai Ayung.

“Setelah peristiwa tersebut terjadi guide rafting melakukan penyelamatan dan evakuasi terhadap warga negara asing tersebut. Dan dari 10 orang warga negara asing yang ikut rafting, satu orang warga negara asing sampai saat ini belum ditemukan. Sedangkan sembilan orang lainnya berhasil diselamatkan,” ujarnya.

“Orang asing atas nama Robinaugh Clifford Neil belum ditemukan dan sembilan orang warga negara asing yang selamat hanya mengalami luka lecet, dua orang guide rafting selamat, hanya mengalami luka lecet,” jelasnya.

Ia juga menyebutkan dengan pertimbangan waktu malam, cuaca belum mendukung dan medan sungai yang belum di ketahui, sehingga demi keamanan pencarian di putuskan untuk melakukan pencarian besok Selasa (4/10) pukul 07.00 wita dengan petugas gabungan.

Kemudian, untuk perencanaan kegiatan akan dibagi menjadi dua tim. Tim dari Basarnas dan BPBD, Balawista dan BPBD Badung, akan melakukan pencarian yang dilaksanakan mulai dari titik awal My Swing di Banjar Tanggayuda Bongkasa, Kabupaten Badung, pada pukul 07.00 wita.

“Tim dari Polres dan Polsek dan pemandu rafting serta dari Balawista Gianyar akan melakukan pencarian dari mulai TKP di Royal Pitamaha, Banjar Tanggayuda, Desa Kedewatan, Ubud,” ujarnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *