Wonogiri-Portalangit. SPMAA Wonogiri bersama Gus Glory Islamic, S. Ag. M. Si. gelar pelatihan materi fiqih dan bahtsul masa’il bagi santri SPMAA.

Pelatihan materi fiqih dan bahtsul masa’il ini dilakukan guna meningkatkan keilmuan para santri SPMAA, dan memperluas wawasan para santri dalam menjawab pertanyaan umat dalam penugasan pengabdian di cabang SPMAA.

Pelatihan tersebut dilaksanakan pada Rabu, 29 Juni 2022 hingga Kamis, 30 Juni 2022. Pelatihan ini berlokasi di Yayasan SPMAA Wonogiri, RT 01/RW 09, Dsn. Banceran, Ds. Selomerto, Kec. Giriwoyo, Kab. Wonogiri, Jawa Timur.

Pelatihan materi fiqih dan bahtsul masa’il ini diikuti sebanyak 19 peserta, masing-masing 2 santri SPMAA Banyuwangi, 2 santri SPMAA Magetan, 2 santri SPMAA Lumajang, 2 santri SPMAA Serang, dan 11 santri SPMAA Wonogiri.

Selain itu dalam pelatihan ini juga dihadiri oleh Gus Ashabun Na’im sebagai Direktur Yayasan SPMAA pusat sekaligus pembina SPMAA Wonogiri.

Rangkaian kegiatan pelatihan materi fiqih dan bahtsul masa’il ini diantaranya, pembukaan berupa sambutan dari direktur Yayasan SPMAA pusat Gus Ashabun Na’im. Dilanjut dengan pelatihan materi fiqih dan bahtsul masa’il yang disampaikan oleh Gus Glory Islamic, S. Ag. M. Si.

Materi fiqih yang disampaikan oleh Gus Glory Islamic berupa dasar-dadar sumber hukum Islam yang diambil dari Al-Quran, Al-hadist, Ijma’, Qiyas, Ijtihad, Istisham, Urf, Istihab, Marsalah mursalah, Syar’u man qoblana, dan Qoul shohabi yang dikaitkan dengan fiqih SPMAA.

Dalam pelatihan materi fiqih dan bahtsul masa’il ini juga terdapat sesi praktik para peserta untuk menerangkan sumber hukum islam dan bahtsul masa’il SPMAA.

“Alhamdulillah sangat bersyukur atas diadakannya pelatihan ini, seperti yang Gus Glory sampaikan pelatihan materi fiqih ini pertama kali dan dilaksanakan di Wonogiri ini.” Ungkap Mita peserta pelatihan dari SPMAA Wonogiri.

Adanya pelatihan ini para peserta mendapat banyak wawasan keilmuan dibidang fiqih, sehingga dapat menjadi bekal ketika di pos penugasan pengabdian di cabang SPMAA guna menjawab persoalan umat.

“Semoga kami dapat menyerap dan mengamalkan ilmu yang kami dapat ini. Terutama bagi kami yang bertugas di cabang SPMAA bisa menjadi pertanyaan mengenai hukum-hukum islam dari berbagai kalangan,” tutur Assidiqi panitia pelatihan materi fiqih dan bahtsul masa’il.

Pelatihan materi fiqih dan bahtsul masa’il ini berlangsung dengan lancar, dan para peserta sangat antusias dalam mengikuti pelatihan dari awal hingga akhir.

(Ima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *