Batam – Portalangit. Yayasan SPMAA Batam, mengadakan Sosialisasi & Pelatihan Budidaya Buah Kelengkeng bagi warga Pulau Air Raja. Dalam rangka membangun Pulau Wisata Kelengkeng, yang dilaksanakan di kantor Kelurahan Pulau Air Raja, Kec. Galang, Kota Batam.

Acara digelar pada hari Kamis, (10/02/2022). Dihadiri perangkat desa, yang diwakili Sekretaris Kelurahan, Nahrawi. Juga kepala RW dan ketua RT, serta support dari tim SPMAA Batam.

Perwakilan Pengurus Yayasan SPMAA Batam, Daffa, menyampaikan permohonan maaf dari Gus Hafidh yang belum bisa hadir membersamai dalam acara tersebut. “Beliau mohon maaf karena masih belum bisa membersamai disini, mari kita sukseskan program Pulau Wisata Kelengkeng ini.”

Pelatihan dimulai dengan materi teknik pembuatan lubang tanam, yang dipandu langsung oleh Pemateri TPU Mugi Atriadi, juga selaku Pimpinan Posgiat Air Raja.

Dilanjutkan dengan materi pembuatan kompos dan POC, masa perawatan dan pemupukan, penyemprotan, sistem cangkok, pembuahan hingga pemanenan.

Hadir 25 warga Air Raja, mereka nampak menyimak dengan antusias, beberapa juga turut bertanya seputar materi tersebut.

Nahrawi, perwakilan dari Kelurahan mengucapkan banyak terima kasih kepada SPMAA Batam atas kerjasamanya, harapan beliau tidak hanya sekedar memberikan pelatihan tapi juga ada dampingan hingga berhasil penanaman. “Kami disini mengucap terima kasih yang sebanyak-banyaknya atas apa yang telah diberikan, yang telah disampaikan. Yang penting kedepannya tetap ada bimbingan, tanpa bimbingan juga nanti kita kurang sempurna juga.” ujarnya.

“Acara ini sangat menyenangkan bagi warga Air Raja, kami berterima kasih atas bantuannya mengenai penerangan penanaman bibit kelengkeng. Itu memang saya sangat setuju karena ada program dari SPMAA.” tanggapan dari salah satu warga yang bernama Pak Sikin. Peserta pelatihan sangat antusias dan interaktif dalam acara ini.(daff)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *