ANDES – Gambar cahaya yang tampak menakjubkan ini, terlihat sehalus sayap kupu-kupu yang seolah-olah siap meluncur di galaksi . Objek yang tampak tipis ini adalah aliran gas yang dikenal sebagai Nebula Inframerah Chamaeleon.

Dinamakan demikian karena memiliki titik terang pada beberapa panjang gelombang cahaya inframerah. Di tengah gambar cahaya adalah mesin nebula, bintang bermassa rendah yang terhalang oleh pita vertikal gelap.

Detail dalam gambar ini tertangkap berkat teleskop Gemini Multi-Object Spectrographs (GMOS) atau Teleskop Gemini Selatan terletak di atas Cerro Pachón, pegunungan Andes di Cile. Teleskop Gemini Selatan, merupakan bagian dari Observatorium Gemini internasional, Program NOIRLab NSF. GMOS memiliki kemampuan pencitraan dan menjadi spektrograf, sehingga menjadi instrumen serbaguna.

“GMOS-Selatan adalah instrumen yang sempurna untuk melakukan pengamatan ini, karena bidang pandangnya, yang dapat menangkap seluruh nebula dengan baik. Selain itu, kemampuannya untuk menangkap emisi dari gas terionisasi nebula,” kata ilmuwan instrumen NOIRLab, German Gimenod dikutip phys.org, Rabu (8/12/2021).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *