CNN. Tornado yang menerjang pedesan di New South Wales, Australia, pada Kamis (30/9) meluluhlantakkan ratusan rumah warga dan memicu pemadaman listrik di wilayah tersebut.

Otoritas Australia menuturkan angin kencang tornado menghancurkan lebih dari 100 rumah, menumbangkan banyak pepohonan, hingga tiang listrik di wilayah tersebut.

Reuters melaporkan tiga orang dibawa ke rumah sakit akibat luka-luka setelah rumah mereka terdampak tornado.

Akibat bencana ini, Layanan Darurat Negara Bagian New South Wales mengeluarkan peringatan bagi masyarakat untuk mengamankan barang-barang di luar rumah mereka.

“Tidak setiap hari Anda diterjang tornado dan kali ini sangat parah,” kata Inspektur Ambulans New South Wales, Meah Ferguson.

Pemasok infrastruktur listrik Australia Essential Energy mengatakan tornado ini memutus aliran listrik dan menghancurkan atap besi ke kabel listrik. Akibat masalah ini, pemadaman listrik berimbas terhadap 164 rumah.

“Kru bekerja secepat keselamatan memungkinkan untuk membersihkan puing-puing dan melakukan perbaikan jaringan, walaupun begitu, tidak ada waktu pemulihan yang tersedia saat ini,” kata Juru Bicara Essential Energy dalam sebuah pernyataan.

Biro Peramal Meteorologi Agata Imielska mengatakan tornado memang kerap melintasi negara bagian terpadat di Australia dan dapat menyebabkan badai hingga guntur.

Polisi dan kru ambulans dipanggil ke Meadow Flat, kota berpenduduk 300 orang di New South Wales, untuk menanggapi laporan bahwa tornado ini telah menghancurkan sebuah rumah.

Tak hanya itu, seorang pria dibawa ke rumah sakit dengan luka di lengannya. Sekitar 20 menit kemudian, kru pergi ke Clear Creek, di mana ada seorang pria dan wanita dirawat akibat luka ringan, kata Layanan Ambulans New South Wales.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *