Perbekel Banjar Anyar I Made Budiana, memberikan sambutan dan membuka secara resmi kegiatan Baksos SPMAA Tabanan

Tabanan (Portalangit) – Yayasan Sumber Pendidikan Mental Agama Allah (SPMAA) Cabang Tabanan yang diBack Up SPMAA Denpasar melaksanakan Bakti Sosial (Baksos) merapikan pohon perindang yang ada di Banjar Jadi ANyar, Perumnas Bukit Sanggulan Indah (BSI) Tabanan, Minggu (28/3/2021)

Ketua Cabang SPMAA Tabanan Drs. H.Warso dalam sambutannya mengungkapkan, tiga program utama yang dilaksanakan Yayasan SPMAA adalah Program sosial, Pendidikan dan lingkungan hidup. “Baktri sosial berupa merapikan pohon perindang jalan yang dilaksanakan di wilayah Banjar Jadi Anyar di Perumnas Bukit Sanggulan Indah ini merupakan salah satu program lingkungan hidup yang dilaksanakan SPMAA Cabang Tabanan yang dibackup penuh SPMAA Cabang Denpasar,” paparnya.

Menurut Warso, latar belakanag dilakukannya perapian pohon perindang jalan ini adalah karena pohon perindang jalan yang ada di Jalan Tukad Yeh Ho dan Tukad Yeh Empas sudah banyak yang menjulang tinggi dan dahan-dahannya banyak yang enjulur ke arah jalan sehingga saat hujan lebat dan angin kencang bisa membahayakan karena pohon perindang tersebut rawan tumbang dan patah dahannya,” paparnya.

Disebutkan, sebelumnya saat hujan lebat dan angin kencang sejumlah pohon perindang jalan yang ada banyak tumbang dan patah dahannya. “Dari laporan dan keluhan warga masyarakat terkait adanya pohon perindang yang sudah menjulang tinggi dan dahan mengarah ke jalan itulah, kami bergerak untuk melakukan baksos ini. Tentunya dengan sepengetahuan dan seijin, Kepala Lingkungan di Banjar Jadi Anyar,” ujarnya.

Perbekel (Kepala Desa) Banjar Anyar I Made Budiana yang datang langsung dalam kegiatan baksos SPMAA dalam sambutannya memberikan apresiasi dan mendukung baksos yang digelar SPMAA Cabang Tabanan. “Saya memberikan apresiasi dan mendukung kegiatan baksos perapian pohon perindang yang digelar SPMAA Tabanan ini. Mudah-mudahan bisa berkelanjutan dan ditiru yayasan atau organisasi massa lainnya,” katanya saat membuka baksos SPMAA Tabanan secara resmi.

Hal senada juga diungkapkan Kepla lingkungan Banjar Jadi ANyar I Made Budiarta yang ikut terjun langsung dalam baksos SPMAA Tabanan. “Saya atas nama warga memberikan apresiasi dan mendukung kegiatan SPMAA Tabanan ini karena terbukti bermanfaat bagi lingkungan dan warga masyarakat di Banjar Jadi Anyar,” katanya di sela-sela kegiatan Baksos perapian pohon perindang jalan.

Dalam kegiatan baksos perapian pohon perindang jalan ini, puluhan jamaah SPMAA Tabanan dan Denpasar sejak pagi sekitar pukul 07.30 – 13.30 Wita bergotong-royong memangkas pohon perindang yang menjulang tinggi dan dahan-dahannya menjulur ke arah jalan raya.

Mengerahkan dua gergaji mesin (jigsaw) dan peralatan lainnya berupa kapak dan golok, sejumlah pohon perindang yang membahayakan telah dirapikan dan dibersihkan.

Selain jamaah dari SPMAA Tabanan dan Denpasar, kegiatan baksos ini juga didukung Badan Keamanan Desa (Bankamdes) Banjar Jadi Anyar. Selain Perbekel Banjar Anyar dan Kepala lingkungan Banjar Jadi Anyar, juga tampak hadir dan ikut terlibat dalam kegiatan Baksos, Babinsa Desa Banjar Anyar Fathol Bari dan Kepala Yayasan SPMAA Bali Gus Glory Islamic. (gus)

Jamaah SPMAA Tabanan dan Denpasar saat sedang membersihak hasil pangkasan pohon perindang di Banjar Jadi Anyar, Perumnas BSI, Tabanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *