Blora-Portalangit. Santri Tanggap Bencana (SANTANA) SPMAA Blora melakukan aksi berupa kerja bakti sekaligus berperan sebagai trigger (penggerak) dalam kegiatan gotong- royong perbaikan jalan desa.

Diketahui perbaikan jalan sepanjang 2 Kilometer dilakukan hingga saat ini. Berlokasi di jalan Dukuh Ledok, Desa Bangkleyan, Kec. Doplang, Kab. Blora, Jawa Tengah.

Sebanyak 31 orang tim SANTANA SPMAA Blora menyalurkan tenaga dalam kegiatan yang dimulai pada Senin, 20 November 2023. Estimasi waktu yang dibutuhkan dalam giat perbaikan jalan tersebut dilakukan selama satu pekan.

“Pada Senin, 20 November 2023 ini kami SANTANA SPMAA Blora dan jamaah SPMAA melakukan perbaikan jalan Dukuh Ledok, Desa Bangkleyan, Kec. Doplang, Kab. Blora.” tutur Nardi Ketua Koordinasi SPMAA Cabang Blora.

Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari pemerintah Desa Bangkleyan. Kepala desa beserta perangkatnya ikut hadir dalam pembangunan ini sebagai penyemangat bagi masyarakat yang ikut andil dalam giat ini.

“Saat ini ikut hadir pak lurah, babinsa, dan perangkat desa untuk memberikan dukungan dalam kegiatan pembangunan dan perbaikan jalan ini.” kata Nardi.

Perbaikan jalan ini bermula dari hasil musyawarah bersama Gus Khosyi’in Koco Woro Brenggolo, S.Ag. pembina Yayasan SPMAA Lamongan pada acara pengajian yang dilaksanakan tahun lalu, tepatnya pada 25 Desember 2022.

“Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari dawuh Gus Khosyi’in Koco Woro Brenggolo untuk melakukan perbaikan jalan, karena jalan ini sudah tidak layak dilewati karena rusak.” tutur Nardi.

Selanjutnya para jamaah SPMAA Blora melakukan iuaran swadaya guna perbaikan jalan tersebut. Dalam selang waktu hampir satu tahun jamaah SPMAA Blora berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp.26.000.000, 00.

“Pada saat itu Gus Khosyi’in mengajak kami untuk melakukan iuran swadaya seikhlasnya. Alhamdulillah hari ini bisa terlaksana dan terkumpul dana dua puluh enam juta yang akan kami belanjakan 20 truck batu grosok dan 10 truck pasir halus.” ungkap Nardi.

Diakui peran SANTANA SPMAA Blora sangat berpengaruh dalam kegiatan sosial maupun pembangunan yang ada di Desa Bangkleyan. Hal ini mendapat apresiasi dari pemerintah Desa Bangkleyan.

“Kami banyak mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang baik ini bersama SPMAA yang telah ikut serta dalam membangun dan memfasilitasi kepentingan umum salah satunya membangun jalan di Dukuh Ledok.” ucap Mulyono, Kepala Desa Bangkleyan.

“Kami memberikan apresiasi baik sedalam-dalamnya kepada relawan SANTANA SPMAA yang mana setiap kami pemerintah Desa mengadakan kegiatan tim SANTANA SPMAA selalu siap turut serta.” ungkap Mulyono, Kepala Desa Bangkleyan.

(Ima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *